Ka.Kankemenag: Halal Bi Halal Mengajarkan Persaudaraan dalam Bingkai Agama

 


Banjarbaru (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghadiri kegiatan Halal bi Halal setelah hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 H / 2024 M di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (15/04/2024).

 

"Dalam momen yang penuh makna ini, mari kita bersama-sama berkumpul untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan sesudah melewati bulan suci Ramadhan," ujarnya saat dimintai keterangan.

 

Saribuddin menekankan pentingnya momen ini sebagai waktu untuk saling memaafkan dan memperkuat hubungan sesama serta memupuk nilai-nilai ukhuwah Islamiyah dan semangat kebersamaan di antara umat Muslim.

 

"Halal bi Halal adalah momen istimewa yang mengajarkan kita untuk menumbuhkan rasa persaudaraan, kebersamaan, dan toleransi dalam bingkai agama yang indah," tambahnya.

 

Selain itu, Saribuddin juga menyoroti makna yang lebih dalam dari kegiatan ini, yaitu pentingnya menjaga kerukunan dan keharmonisan di tengah masyarakat.

 

"Kita harus senantiasa menjaga ukhuwah Islamiyah, saling menghormati, dan mendukung satu sama lain untuk membangun masyarakat yang damai dan sejahtera," ujarnya.

 

Kegiatan Halal bi Halal juga menjadi ajang untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan dan memperkuat solidaritas dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam.

 

"Saat ini, kita perlu bersatu padu dalam menghadapi berbagai tantangan dan menjaga keutuhan bangsa. Mari kita tingkatkan rasa persatuan dan gotong royong demi masa depan yang lebih baik," himbaunya.

 

Di tengah suasana yang penuh kehangatan dan keceriaan, Saribuddin juga menyampaikan doa dan harapan untuk kebaikan bersama dalam perjalanan setelah melewati bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

 

"Kegiatan ini menjadi cermin dari semangat untuk mempererat hubungan antar-sesama dan membangun masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Mari kita semua bersama-sama menjaga persatuan, harmoni, dan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

 

Kegiatan ini dihadiri Ka.Kanwil Kemenag Kemenag Kalsel, Para Kepala Bidang, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kota, Ketua dan Pengurus PWNU Prov. Kalsel, PCNU, PW Anshor dan PC Anshor Kabupaten/ Kota se Kalsel serta Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Kepala Madrasah Aliyah se Kalsel tersebut dihadiri langsung Wakil Ketua Umum PBNU KH. Zulfa Mustofa.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments