Penyambutan Kafilah MTQ Ke-14 Tk. Kabupaten Balangan Berlangsung Sederhana


 

Batumandi (Kemenag Balangan) - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-14 tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2021 akhirnya dimulai. Hal tersebut ditandai dengan berdatangannya para kafilah kecamatan ke lokasi acara di Kecamatan Batumandi, Jumat (5/3/21).

 

Lokasi yang dipilih sebagai tempat penyambutan para kafilah adalah MTsN 2 Balangan yang juga merupakan lokasi tempat pembukaan MTQ akan digelar nantinya.

 

Di tengah situasi pandemi, proses penyambutan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Penyambutan kafilah dilangsungkan sesederhana mungkin dan yang datang pun hanya beberapa perwakilan dari kafilah per kecamatan.

 

"Terima kasih atas kedatangannya dan mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan, karena sebagaimana kita ketahui, pegelaran MTQ tahun ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya dikarenakan COVID-19," ujar M. Yusuf, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Batumandi yang bertugas menyambut kedatangan perwakilan kafilan dari kecamatan yang datang secara bergiliran.

 

Yusuf juga berhara para peserta dan pendamping bisa maklum apabila ada sesuatu yang tidak biasanya ada di MTQ tahun-tahun sebelumnya, akan diterapkan pada pegelaran MTQ tahun ini.

 

"Seperti mencuci tangan, memakai masker dan sarung tangan, serta mengganti sarung mic saat pergantian peserta, itu semua kami lakukan demi bersama-sama menjaga diri dan mencegah penyebaran covid-19. Harap pengertiannya," pintanya.

 

Menanggapi hal tersebut Ketua Kafilah dari kecamatan Juai M. Johansyah menuturkan bahwa acara pelepasan kafilah di kecamatan juga dilangsungkan dengan amat sangat sederhana mengingat kondisi pandemi sekarang.

 

"Kesederhanaan penyambutan dan pelepasan Insya Allah tidak mengurangi kekhidmatan dan ta'zimnya acara. Kami juga berkomitmen untuk melaksanakan protokol kesehatan secara sungguh-sungguh. Semoga acara MTQ bisa berlangsung lancar sesuai dengan harapan bersama," harapnya.

 

Acara penyambutan diakhiri dengaan pengalungan surban untuk salah satu perwakilan kafilah sebagai tanda bahwa mereka siap untuk bertanding dalam acara MTQ Kab. Balangan yang akan di gelar selama empat hari pada tanggal 5 - 8 Maret 2021.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments