Peringkat Ke-12, Ka.Kankemenag Balangan: Kafilah Kita Hebat, Tapi Kafilah Lain Lebih Hebat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kal-Sel) di Tanah Bumbu tahun 2021 telah berakhir. Dalam ajang tersebut, Kabupaten Balangan memperoleh peringkat ke-12 dari 12 kabupaten yang bertanding dengan nilai total 8.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I yang terlibat langsung dalam ajang MTQN ke-33 sebagai anggota dewan hakim cabang tilawah dewasa dan remaja menuturkan peringkat tersebut jangan dijadikan tolak ukur dalam menilai kemampuan peserta kafilah Kab. Balangan dengan menganggapnya lemah.

 

"Sebenarnya kemampuan kafilah kita sudah cukup hebat, namun ternyata kafilah kabupaten lain lebih hebat lagi," ujarnya saat ditemui di ruangannya pada Senin (12/3/21).

 

Selain itu menurut Yamani, karena ajang MTQ kali ini digelar secara virtual, penilaian tidak bisa dilakukan secara maksimal karena terkadang terkendala permasalahan teknis seperti audio yang putus-putus atau tidak jelas.

 

"Sehingga penilaian dewan hakim menjadi lebih subjektif tergantung bagaimana kualitas suara yang sampai ke dewan hakim. Meskipun sejatinya penampilan peserta telah maksimal, tapi bila suaranya kurang jelas, maka penilaiannya juga tidak bisa sempurna," tambahnya.

 

Yamani kemudian meminta para kafilah yang sudah bertanding untuk tidak patah semangat karena bagi peserta kab. Balangan yang mendapatkan juara II dan III akan diminta untuk kembali mengikuti Training Center (TC) persiapan MTQ Nasional Tahun 2021 yang akan di gelar di Makassar serta MTQ Nasional Tahun 2022 yang digelar di Banjarmasin.

 

"Jadi masih ada harapan bagi peserta kita yang mendapatkan juara 2 yaitu cabang Tartil Putra dan Khat Naskah Putri serta juara 3 pada cabang Tafsir Bahasa Inggris dan Tartil Putri untuk bertanding di level nasional.  Ini belum berakhir, terus berlatih dan semoga bisa membawa nama harum Kab. Balangan di tingkat nasional," pungkasnya.

 

Dalam ajang MTQN ke-33 tingkat Prov. Kalsel, Kab. Balangan memboyong 12 tropi. Selain memperoleh juara 2 dan juara 3, Balangan juga menjadi harapan 1 dalam cabang Canet Putra dan Khat Hiasan Mushaf, Harapan2 cabang Tilawah Remaja, Tafsir Bahasa Indonesia, Khat Naskah Putra dan Canet Putri, serta Harapan 3 dalam cabang Qiraat Mujawwad dan Makalah Putri.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments