Hari Kartini, Ketua DWP Ajak Bunda Bumikan Tadarus Al-Qur'an

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin, M.Pd.I mengajak para bunda untuk mengisi momen hari Kartini untuk membumikan tadarus Al-Qur'an mengingat peringatannya bertepatan dengan bulan Ramadhan 1443 H.

 

"Kartini adalah panutan kita dalam emansipasi wanita. Kemudian Islam juga mengajarkan kelebihan dan kelemahan seorang laki-laki dan perempuan tidak dipergunakan untuk saling menganiaya, tetapi adalah untuk saling mewujudkan keharmonisan demi menggapai ridla Allah," ujarnya saat mengikuti Kegiatan Khotmil Qur'an dan Peringatan Hari Kartini dengan Tema Kartini Ngaji untuk Negeri via zoom meeting di ruang kerja Kepala Kankemenag Balangan, Kamis (21/04/22).

 

Aminah selanjutnya menyampaikan sebuah cerita terkenal tentang ketertarikan Kartini terhadap terjemah Surah Al-Fatihah, yang merupakan bukti bahwa meskipun pada zaman dahulu Al-Qur'an masih disediakan tanpa terjemahan, namun semangat Kartini untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an begitu tinggi.

 

"Di zaman sekarang dimana kita dimudahkan untuk mengakses Al-Qur'an lengkap beserta terjemah dan tafsirnya, jangan sampai kita malah lengah dan malas untuk membaca Al-Qur'an. Terlebih sekarang kita berada di bulan Ramadhan, mari kita bersama-sama membumikan tadarus Qur'an untuk menyejukkan RI yang kita cintai," tambahnya.

 

Sementara Ketua DWP Kantor Wilayah Kemenag Kalsel Hj. Lita Ariani Tambrin dalam sambutannya menyatakan bahwa anggota DWP harus bisa menjadi Kartini masa kini yang disamping menjalankan tugas sebagai Ibu Rumah Tangga juga senantiasa menjadi penamping setia suami dalam menjalankan tugas kedinasan.

 

"Kesuksesan suami tidak lepas dari doa yang dipanjatkan isteri. Mari senantiasa mendoakan agar tugas negara yang diemban suami dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab," pungkasnya.
 

Kantor Kemenag Kab. Barito Kuala bertindak sebagai tuan rumah dalam acara Khotmil Qur'an yang dimulai dari kegiatan tadarus bersama yang dilanjutkan dengan kegiatan inti ceramah agama dari Ustadzah Hj. Noor Hilaliah. Acara diikuti oleh para pengurus DWP Kanwil Kemenag Prov. Kalsel serta Pengurus DWP Kemenag 13 Kab/Kota se-Kalsel.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments