Kasi PHU: Tahun 2022, Indonesia Dapat Kuota Haji 100.051 Jemaah

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menyatakan bahwa untuk keberangkatan jemaah haji tahun 2022, Indonesia mendapatkan kuota sebanyak 100.51 Jemaah dan 1.091 petugas.

 

Fahmi menyampaikan bahwa setelah sebelumnya Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa tahun ini Saudi membuka haji bagi 1 juta Jemaah, akhirnya Indonesia mendapatkan kepastian terkait besaran kuota bagi Jemaah Indonesia.

 

"Kuota yang diberikan sesuai dengan prediksi pemerintah Indonesia yaitu separuh dari kuota Jamaah haji Tahun sebelumnya. Sehingga skenario keberangkatan yang telah disiapkan bisa dilaksanakan sesuai perkiraan," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (19/04/22).

 

Saat ditanya lebih jauh terkait besaran kuota bagi jemaah haji di Kab. Balangan, Fahmi menyatakan pihaknya masih terus menunggu update dari Kemenag Pusat, dalam hal ini Ditjen PHU terkait besaran kuota di tiap provinsi dan Kab/kota, termasuk Balangan.

 

"Keberangkatan kloter pertama Insya Allah pada tanggal 4 Juni 2022. Sebelum tanggal tersebut tentu kita akan mendapatkan list nama Jemaah yang berangkat. Kita positif saja jamaah Balangan juga akan bertolak ke tanah suci dan berapapun nanti jumlahnya, akan kita persiapkan secara maksimal mulai dari proses keberangkatan hingga kembali ke tanah air," pungkasnya.

 

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan kuota haji Indonesia pada tahun 2022 pada peringatan Nuzulul Quran tingkat Kenegaraan yang ditayangkan melalui kanal YouTube resmi Bimas Islam TV, Selasa (19/4/2022).

 

"Bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran, setelah dua tahun kita tidak memberangkatkan jemaah haji karena pandemi Covid-19, Alhamdulillah atas ikhtiar dan doa kita semua, pada tahun ini kita akan memberangkatkan kembali jemaah haji dengan kuota 100.051 jemaah dan 1.901 petugas," ungkapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments