Ketua DWP: Wisata Religi Bukan Sekedar Perjalanan Fisik, Tapi Juga Spiritual

 


Tabalong (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin menyatakan bahwa wisata religi bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang mendalam.

 

"Melalui ziarah ke makam-makam para tokoh agama, diharapkan dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah, serta mengambil inspirasi dari perjuangan mereka dalam menyebarkan ajaran agama Islam," ujarnya dimintai keterangan saat mengikuti Wisata Religi ke Makam Datu KH. Lukman Hakim dan Makam Syekh Muhammad Nafis Kab. Tabalong, Jum'at (15/09/23).

 

Selama wisata religi ini, Aminah menjelaskan para peserta berkesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan sejarah dan kehidupan para tokoh agama yang dimakamkan di sana. Hal ini merupakan bagian penting dari pendalaman iman dan pengenalan budaya Islam yang kaya di Indonesia.

 

"Kegiatan wisata religi seperti ini juga merupakan wujud dari kepedulian sosial dan kemanusiaan, di mana kita dapat merenungkan peran mereka dalam masyarakat dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama," tambahnya.

 

Selain itu wisata religi seperti ini menjadi salah satu cara yang sangat bermakna bagi umat Islam untuk mempererat hubungan spiritual dengan para tokoh agama yang telah berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam.

 

"Ziarah kubur adalah hal yang dianjurkan untuk memperdalam keimanan serta mengingatkan diri bahwa siapapun nanti akan kembali keharibaan-Nya tanpa terkecuali," terangnya.

 

Terakhir Aminah berharap dengan mengikuti kegiatan wisata religi seperti ini, diharapkan umat Islam dapat terus menguatkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan mereka serta menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat sekitar.

 

"Ziarah ke makam para tokoh agama adalah salah satu cara yang indah untuk menjaga dan merawat warisan spiritual dan budaya Islam yang kaya di Indonesia," pungkasnya.

 

Kegiatan wisata religi ini juga diikuti oleh Ketua DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan beserta jajaran serta Ketua dan Wakil Ketua DWP Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments