Kemenag Balangan Salurkan Bantuan dari PT Adaro untuk Guru Terdampak Banjir


Paringin (Kemenag Balangan) - Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Balangan tidak pernah berhenti menunjukkan kepeduliannya kepada para korban banjir. Kali ini, Kemenag Balangan kembali menyalurkan bantuan untuk para guru madrasah yang terdampak banjir.

 

Bantuan yang diserahkan merupakan bantuan yang sebelumnya disalurkan oleh Rumah Zakat Balikpapan melalui mitra PT Adaro Indonesia. Kepala Kemenag Balangan H. Muhammad Yamani, Kepala Sub. Bagian TU H. Fahmi Wahid, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Siti Faizah, dan Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Harmainnor turut hadir dalam proses penyerahan bantuan secara simbolis di halaman kantor Kemenag Balangan, Jumat (5/2/2021).

 

H. Muhammad Yamani menjelaskan tentang bagaimana asalnya PT Adaro tergerak memberikan bantuan. Yamani menuturkan bahwa sebelumnya pihak Kanwil Kalsel meminta tiap Kemenag Daerah mendata jumlah guru dan karyawan yang kemenag terdampak banjir. Setelah data selesai dilaporkan, ternyata air kembali naik sehingga jumlah guru yang terdampak bertambah banyak. Bantuan yang diberikan oleh pihak Kanwil pusat hanya berdasarkan data awal yang diajukan, sedangkan data di lapangan lebih besar dari itu.

 

"Akhirnya kami berinisiatif untuk menghubungi PT Adaro, dengan kerendahan hati meminta bantuan untuk para guru terdampak banjir. Ternyata dikabulkan," jelasnya panjang lebar.

 

Menurut Yamani, ke depan pihak Kemenag Balangan akan terus memperluas kerjasama dengan perusahan yang ada di daerah. "Kami harap di saat-saat darurat bencana seperti ini akan ada terus pemahaman dari para mitra swasta, khususnya yang ada di Balangan dan sekitarnya," pungkasnya.

 

Harmainnor selaku Kasi Penmad menuturkan bahwa bantuan kali ini diberikan kepada 211 orang guru madrasah terdampak banjir, baik ASN maupun non ASN.

 

"Selain dari pihak swasta, Insya Allah bantuan ke lembaga sekolah lainnya akan menyusul. Kami harap akan ada perhatian lebih terhadap korban banjir, baik dari daerah, provinsi maupun pusat," tutupnya.

 

Kepala MTsN 1 Balangan H. Adul menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenag Balangan beserta Rumah Zakat Action dan PT Adaro  atas bantuan yang diberikan.

 

"Terima kasih kepada Kemenag yang memfasilitasi dan memintakan bantuan kepada Adaro. Kami serahkan kepada Allah untuk membalasnya, semoga Allah memberikan yang lebih besar kepada Adaro dan Kemenag," harapnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments