Ka.Kankemenag Pinta Madrasah Kembangkan Kegiatan Keagamaan Bagi Siswa

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I  mengharapkan tiap madrasah membangun kegiatan pengembangan diri bagi anak, sesuatu yang bisa dibanggakan madrasah sebagai nilai plus dibanding sekolah yang lain, terutama kegiatan keagamaan.

 

"Misalnya madrasah bisa menggelar kegiatan ekskul maulid habsyi, karena kalau dilihat banyak siswa kita yang berbakat dalam hal membaca syair serta memukul alat terbang. Kita harus jeli melihat hal tersebut dan memberikan wadah agar siswa bisa mengembangkan bakatnya tersebut," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Rabu (2/2/22).

 

Saribuddin memberikan misal lain berupa kegiatan sholat zuhur berjamaah di madrasah, dimana para murid laki-laki diminta untuk adzan bergantian untuk mengasah bakat dan kepercayaan diri mereka."Segera adzan kalau waktu telah tiba, bila sudah terbiasa maka para siswa juga akan dengan sendirinya berinisiatif untuk shalat zuhur berjamaah," tambahnya.

 

Kegiatan mengaji sebelum awal pelajaran juga salah satu kebiasaan baik yang menurut Saribuddin layak dikembangkan. "Bisa dengan membaca surat-surat pendek atau mengaji Al-Qur'an semisal satu halaman sehari, kalau bisa dalam satu tahun khatam dan siswa mengadakan acara khataman per kelas sebelum kenaikan kelas," kembangnya.

 

Saribuddin menambahkan contoh kegiatan lain yaitu dengan melayat apabila ada orang tua siswa yang meninggal."Bila dekat dengan lingkungan madrasah, pinta para murid untuk ta'ziyah bersama sebagai wujud bela sungkawa. Bila jauh, bisa bersama-sama membacakan Yasin di kelas dengan niat dihadiahkan bagi orang tua siswa yang meninggal,"paparnya.

 

Terakhir Saribuddin meminta tiap madrasah untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan madrasah serta menanam pepohonan agar suasana kelas menjadi rindang.

 

"Pemandangan luar yang asri dan kegiatan keagaamaan yang bermanfaat akan menjadi daya tarik utama sehingga banyak anak-anak berminat untuk menuntut ilmu di madrasah kita tercinta," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments