Ka.Kankemenag Pinta Madrasah Adakan Program Mengaji Sebelum Belajar

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta madrasah untuk menggerakkan program mengaji sebelum belajar untuk  mendorong minat siswa terhadap kegiatan membaca Al-Qur'an.

 

"Mengaji sebelum belajar itu sangat baik dan bagus sekalif, selain sebagi upaya pembentukan karakter siswa namun juga bagian dari pendidikan agama membiasakan siswa untuk hal-hal positif," ujarnya saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) di MI Al Falah Batumandi, Selasa (30/3/22).

 

Untuk tingkatan MI, Saribuddin menyampaikan kegiatan mengaji bisa dimulai dengan membaca surah-surah pendek yang ada di Juz 'Amma. Sehingga apabila terbiasa membaca surah-surah pendek setiap harinya, maka memudahkan siswa dalam proses menghafalnya.

 

"Karena dibaca bersama-sama, siswa bisa jadi lebih bersemangat dalam mengaji. Guru yang masuk pada jam pertama ikut membimbing siswa dalam membaca Al-Qur'an agar bacaannya tidak keliru," tambahnya dalam rapat yang dihadiri para Kepala MI se-Kab. Balangan, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) dan Pengawas Madrasah tersebut.

 

Lebih jauh Saribuddin menerangkan bahwa pada zaman seperti sekarang ini, belum tentu siswa mengaji di rumah pada sore atau malam hari karena banyaknya godaan seperti menonton televisi  dan menikmati kecanggihan teknologi. Sehingga madrasah menjadi lokasi yang tepat untuk menanamkan kebiasaan baik bagi siswa yaitu mengaji Al-Qur'an.

 

"Mengingat bulan puasa tinggal menghitung hari, momen Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memulai kebiasaan mengaji sebelum belajar. Diharapkan nantinya kegiatan ini bisa berlanjut selepas Ramadhan dan menjadi program tetap di madrasah," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments