Ketua DWP: Berdayakan Perempuan Demi Lindungi Perempuan dan Anak

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin menyatakan bahwa salah satu upaya melindungi perempuan dan anak dari kekerasan adalah dengan terus berupaya memberdayakan perempuan melalui berbagai kegiatan yang mengedukasi terkait perlindungan anak dan perempuan.

 

"Wanita mempunya peranan penting dalam rumah tangga untuk memastikan suatu keluarga aman tentram, namun pada kenyatannya kekerasan terhadap perempuan dan anak masih tinggi. Sehingga diperlukan upaya nyata dan sosialisasi terus menerus yang melibatkan tidak hanya pemerintah pusat dan daerah, namun juga masyarakat dalam upaya pencegahannya," ujarnya dimintai keteranagn saat mengikuti Webinar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) DWP Kankemenag Kab. Tapin, dengan Tema International & Indonesia Women's Day: Perempuan sebagai Pelopor dan Pelapor Perlindungan Perempuan Anak di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (24/3/22).

 

Aminah selanjutnya menambahkan momen W20 yang merupakan bagian dari G20, dimana tahun ini Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah, harus dijadikan momentum untuk  memperkokoh komitmen agar peremuan Indonesia bebas dari berbagai bentuk diskriminasi dan kekerasan, serta terus melakukan  perubahan yang dimulai dari dalam diri sendiri ke arah yang lebih baik.

 

"Cintai diri sendiri, terutama kelebihan dan kekurangan secara seutuhnya agar terbentuk sikap percaya diri demi menghadirkan wanita Indonesia sebagai sosok yang hebat dan ikut membanggakan negeri," ungkapnya.

 

Sementara Ketua DWP Kantor Kemenag Prov. Kalsel Hj. Lita Ariani Tambrin dalam sambutannya juga mengharapkan para perempuan, khusunya para ibu agar bisa berperan penting sebagai pelopor dan pelapor perlindungan perempuan dan anak.

 

"Tunjukkan kepada semua bahwa perempuan mampu mendapatkan apresiasi atas kerja keras yang di berikannya pada setiap aspek untuk menyokoh kehidupannya serta kehidupan orang lain. Wanita Indonesia harus semakin kreatif, memiliki jiwa sosial tinggi, dan selalu berani dalam menegakkan kebenaran," pesannya.

 

Berhadir dalam kesempatan tersebut Hj. Siti Zubaidah, Suaidi, MHI Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Kab. Tanah Laut yang didapuk sebagai narasumber dan menyampaikan materi tentang pentingnya perempuan memahami kewajiban dan haknya dalam berumah tangga sebagai upaya melindungi dirinya dan anak-anak.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments