Ka.Kankemenag: Masyarakat Kita Cerdas, Jangan Termakan Hoaks Narasi Tentang Dana Haji untuk IKN


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin meminta kepada masyarakat untuk bersikap dan berfikir cerdas serta tidak mudah termakan berita hoaks, termasuk beritanarasi hangat tentang Menteri Agama (Menag) RI yang meminta masyarakat untuk mengikhlaskan dana haji untuk pembangunan Ibu Kota Negara.

 

"Narasi itu hoaks, fitnah, sesat lagi menyesatkan. Jangan mudah tertipu hanya karena judul yang mengundang," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (10/5/22).

 

Saribuddin menyampaikan ada kesalahan fatal dari orang yang membuat narasi tersebut, dimana dirinya tidak mengetahui bahwa semenjak tahun 2018, Kementerian Agama tidak lagi menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam tata kelola dana haji.

 

"Sekarang pemerintah mengamanatkan dana haji dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Kemenag hanya bertanggung jawab terkait pendaftaran dan keberangkatan, tapi tidak masalah keuangan seperti

mengelola, apalagi mengembangkan dana haji dalam bentuk apapun," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin meminta kepada masyarakat agar setiap kali menerima berita yang dipatutkan mengundang perdebatan masyarakat, harus memastikan keabsahan berita tersebut sebelum dibagikan agar tidak termasuk dalam tindakan penyebaran kebohongan.

 

"Saya minta kepada ASN untuk ikut pula mensosialisasikan mana informasi yang benar dan tidak benar terlebih terkait haji yang memang begitu sensitif menyangkut hajat khalayak banyak. Tapi saya yakin masyarakat kita sudah semakin cerdas, sudah bisa mengetahui info atau berita semacam ini tidak benar dan fitnah," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments