Pelatihan Supervisi, Pengawas Balangan Raih Terbaik Tiga

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rabiah Hasanah, S.Pd.I meraih predikat terbaik tiga pada Pelatihan Supervisi Pengawas Madrasah yang diadakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin, Sabtu (11/06/22).

 

"Alhamdulillah bisa mendapatkan rangking tiga dari 30 peserta. Banyak ilmu yang diperoleh dari para widyaiswara dan narasumber yang pakar dibidangnya, mulai dari pengawas berprestasi nasional hingga anggota Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM), yang memberikan pengetahuan dan keterampilan yang tentu berguna saat kembali pulang ke daerah tempat tugas masing-masing," ujarnya saat dimintai kerengan pada acara Penutupan Pelatihan di Aula BDK Banjarmasin.

 

Rabiah menjelaskan secara umum pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pengawas madrasah dalam melaksanakan tugas profesinya, antara lain semiliki kompetensi di bidang leadership dan managerial, serta memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas.

 

"Nantinya pengawas akan diminta kembali meneruskan ilmu yang diperoleh kepada lembaga madrasah binaan termasuk unsur di dalamnya yaitu kepala madrasah, guru dan tenapa pendidik. Kita akan melakukan pendampingan karena memang itulah tugas supervisor," tambahnya.

 

Selanjutnya Rabiah menyatakan akan melakukan diseminasi dengan mengadakan rapat antar pengawas, baik pengawas madrasah maupun pengawas agama Islam dan Buddha di lingkup Kemenag Balangan sebagai bentuk tindak lanjut atas pelatihan yang telah diikuti.

 

"Materi yang diberikan juga komplit dan bisa diakses secara terbuka. Nanti akan kami diskusikan bersama-sama," pungkasnya.

 

Pelatihan Supervisi pengawas madrasah diikuti oleh 30 peserta pengawas yang terdiri dari 13 orang pengawas dari Kalimantan Selatan, 6 orang pengawas dari Kalimantan Timur, 2 orang Pengawas dari Kalimantan Utara dan 9 orang pengawas dari Kalimantan Tengah.

 

Adapun peserta yang memperoleh peringkat lima besar yaitu Maisyarah, S.Pd., M.Pd pengawas dari Kankemenag Kota Banjarmasin sebagai terbaik satu, Mispar, S.Ag, pengawas dari Kankemenag Kab. Tanah Bumbu sebagai terbaik dua, Rabiah Hasanah, S.Pd.I sebagai terbaik tiga, Hj. Rahidah, S.Pd. pengawas dari Kankemenag Tabalong sebagai terbaik empat dan Siti Djulaikah, S.Pd., M.Pd. Dari Kankemenag Kota Samarinda sebagai terbaik lima.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments