Wisuda RA, Ka.Kankemenag: Didik Siswa Bagaikan Orang Tua Kandung

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I mengatakan bahwa seorang guru terutama yang berada pada jenjang pendidikan usia dini harus bisa menempatkan diri agar dalam proses belajar mengajar bisa mendidik siswa bagaikan mengasuh anak kandung sendiri.

 

"Layaknya orang tua kandung, bimbinglah para siswa kita dengan rasa kasih sayang dan lemah lembut sehingga mereka tidak merasa seperti digurui, namun proses belajar alami yang membuat anak betah berada di sekolah," ujarnya memberikan sambutan saat menghadiri acara Perpisahan dan Wisuda Raudhatul Athfal (RA) Miftahul Ulum Tahun 2021/2022 di Desa Lamida Bawah Kec. Paringin, Kamis (09/10/22).

 

Selanjutnya Saribuddin juga meminta kepada guru untuk bisa menanamkan pendidikan agama kepada anak-anak sedini mungkin sebagai bekal di masa mendatang untuk membentengi diri anak dari pergaulan bebas dan bekal ketika sudah dewasa, baik dalam bekerja maupun bermasyarakat.

 

"Selain itu, biasanya hafalan bacaan dan doa yang dipelajari saat dini lebih lama menempel di ingatan kita dibanding yang dipelajari setelah dewasa. Jadi memang guru harus menjaga agar apa yang sampai ke murid adalah hal yang positif semua, karena siswa akan mencerna semua masukan," tambahnya.

 

Pada kesempatan tersebut Saribuddin mengukuhkan 15 orang murid RA Miftahul Ulum dengan harapan lulusan yang ada bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang Madrasah Ibtidaiyah dan mengamalkan ilmu serta kebiasaan baik yang didapatkan selama di RA.

 

"Semoga menjadi generasi yang shaleh dan shalehah," harapnya.

 

Dalam acara tersebut, berhadir pula Ketua Komite RA Miftahul Ulum, perwakilan Kec. Paringin dan perwakilan PT Adaro Indonesia yang menyediakan bantuan kepada guru RA agar bisa meneruskan pendidikan melalui pelatihan demi meningkatkan kompetensi selaku guru.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments