Ijazah Belum Terbit, Kasi Penmad: Terbitkan SKL Sementara

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I meminta para Kepala Madrasah khususnya Madrasah Aliyah untuk menerbitkan Surat Keterangan Lulus (SKL) pengganti sementara ijazah mengingat ijazah resmi masih dalam proses percetakan.

 

Saat dimintai keterangan di luar kerjanya, Rahmadi memaparkan bahwa biasanya saat melamar di perguruan tinggi ataupun perekrutan seleksi masuk menjadi Calon Prajurit Tentara Negeri Indonesia (TNI), salah satu syarat pentingnya adalah ijazah. Namun Blangko Ijazah madrasah jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang disiapkan oleh Kementerian Agama RI sampai saat ini masih dalam proses pencetakan.

 

"Maka untuk keperluan kelengkapan berkas administrasi siswa madrasah yang mengikuti Rekrutmen Calon Prajurit TNI Tahun 2022 atau Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri/Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Tahun 2022, Kepala Madrasah menerbitkan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti ijazah dengan masa berlakunya SKL sampai diterimanya Ijazah yang asli," ujarnya pada Rabu (29/06/22).

 

Adapun format SKL telah diberikan contohnya oleh Direktorat Jenderlan Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) dan madrasah tinggal mengisi sesuai dengan nilai sesungguhnya yang nanti akan tertera di blanko ijazah asli.

 

"Nanti bilamana Ijazah yang asli sudah diterima oleh siswa madrasah, maka akan segera diserahkan kepada panitia Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi oleh siswa yang bersangkutan," tambahnya.

 

Dirjen Pendis juga mengelurkan surat yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri/Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Tahun 2022 serta Panitia Rekrutmen Calon Prajurit TNI yang bisa dilampirkan saat mendaftar untuk menjelaskan keterlambatan penerbitan ijazah asli.

 

"Insya Allah tidak akan menjadi kendala dalam perekrutan. Para siswa tinggal belajar sungguh-sungguh mengikuti seleksi agar bisa diterima di kampus idaman," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments