Ketua DWP: Kanker Serviks dan Payudara Bisa Dicegah, Lakukan Pemeriksaan Sejak Dini

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin menyatakan bahwa kanker serviks dan kanker payudara sebenarnya bisa dicegah, sehingga penting dilakukan pemeriksaan dini.

 

"Dengan pemeriksaan dini melalui tes IVA (Inspeksi Visual Asetat) dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis), kita bisa mengetahui kondisi tubuh terkait penyakit kanker serviks dan payudara. Apabila sudah ada gejala namun telah diketahui pada fase awal, maka bisa dilakukan pengobatan dini sebelum memburuk," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti Webinar Kesehatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara melalui Tes IVA dan Sadanis sebagai Upaya Agar Perempuan Banua Sehat Indonesia Kuat via zoom meeting di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Senin (18/07/22).

 

Selanjutnya Aminah menjelaskan bahwa pelaksanaan Tes IVA dan Sadanis merupakan Program kerja DWP Kemenag bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh mulai dari tingkat pusat, wilayah, perguruan tinggi hingga DWP Kemenag Kab/Kota yang nantinya digelar serentak tanggal 10 Agustus 2022 dalam momentum memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

"Kami dari Kemenag Balangan siap berkoordinasi dengan Dinkes Kab. Balangan untuk mensukseskan pelaksanaan Tes IVA dan Sadanis. Kami juga minta kerjasama seluruh pengurus dan anggota DWP Kemenag Balangan untuk ikut berpartisipasi. Lakukan dengan niat bukan sekedar untuk melaksanakan perintah, namun juga bentuk nyata peduli dan menyayangi diri untuk mendeteksi secara dini apakah tumbuh kita sehat atau perlu ada yang diobati," harapnya.

 

Sementara Ketua DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Lita Ariani Tambrin dalam sambutannya menjelaskan bahwa berdasarkan data, kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, yang juga terjadi di Indonesia dan banua, dimana kanker serviks dan payudara menjadi penyebab kematian paling tinggi bagi perempuan.

 

"Kita semua perlu bergandengan tengan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat demi mengurangi faktor resiko terkena penyakit kanker. Saya sampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Prov. Kalsel yang telah siap bekerjasama dalam program ini. Insya Allah membawa manfaat dan menjadi amal jariyah bagi kita semua," tutupnya.

 

Acara webinar juga diikuti oleh ketua beserta jajaran DWP Kemenag Kab/Kota se-Kalsel, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Prov. Kalsel, Kepala Dinkes Prov. Kalsel serta Kepala Dinkes Kab/Kota se-Kalimantan Selatan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments