Ka.Subbag TU: Remaja Ambil Peran Penting dalam Upaya Cegah Stunting

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa remaja memiliki peranan penting dalam upaya mencegah stunting di masyarakat.

 

"Karena salah satu alasan penyebab terjadinya stunting atau gagal tumbuh pada bayi adalah ketidaksiapan fisik orang tua, seperti masih belum cukup umur atau usia remaja. Sehingga bila remaja bisa memahami permasalahan tersebut dan menunda pernikahan hingga usia ideal, berarti remaja turut ambil bagian dalam upaya pencegahan stunting," ujarnya usai menghadiri Grand Final Duta Generasi Berencana (Genre) Kab. Balangan Tahun 2022 di Aula Mayang Maurai, Senin (18/07/22).

 

Selanjutnya menurut Harmain remaja berada pada posisi yang mendekati tiga status penting dalam fase hidup manusia, yaitu mendekati penduduk usia produktif, remaja bersama pasangannya akan membangun keluarga berkualitas, serta remaja adalah calon orang tua yang akan melahirkan sumber daya manusia berkualitas demi menjamin keberlanjutan pembangunan bangsa.

 

"Remaja harus bisa visioner dan berpandangan jauh ke depan, menanamkan dalam diri makna menjadi remaja yang sehat, hebat, berprestasi, bermanfaat bagi bangsa serta berakhlak mulia. Semoga pemenang Duta Genre Tahun 2022 memahami peranan suci yang harus diembannya demi bisa menjadi teladan dan inspirasi bagi remaja di sekitarnya," harapnya.

 

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan Bejo Priyogo dalam sambutannya menjelaskan bahwa yang masuk dalam grand final duta genre berjumlah 12 orang, 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang telah disaring melalui seleksi ketat diikuti oleh 26 orang pendaftar dengan rincian 9 orang putera dan 17 orang puteri.

 

"Tema kegiatan tahun ini adalah Generasi Berencana Berani, Beraksi, Berkolaborasi Wujudkan Generasi dan Sadar Diri Cegah Stunting Sejak Dini. Harapan kami pemenang nantinya mampu mengemban amanah satu tahun ke depan menjadikan Balangan generasi yang berencana," ujarnya.

 

Sementara itu Bupati Balangan yang pada kesempatan tersebut diwakili Asisten III Bagian Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Balangan Akhmad Nasa’i saat membuka acara berharap pemilihan Duta Gendre bisa memunculkan generasi dalam menyokong pembangunan bidang kesehatan.

 

“Kita harapkan pemilihan Duta Genre ini mampu memunculkan generasi pembangunan kependudukan kesehatan, serta bisa menurunkan angka stunting,” pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments