Terima Kunjungan Kaji Terap Capaian Emis, Kemenag Balangan Siap Bocorkan Trik

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan siap membagikan ilmu tentang keberhasilan Kemenag Balangan untuk memperoleh capain Emis 100% tiap semesternya, hingga tidak jarang berada di peringkat tiga besar.

 

"Alhamdulillah untuk semester kedua tahun ajaran 2021/2022, Kemenag Balangan berhasil menyandang predikat pertama pada capaian emis 100% dari 68 madrasah baik negeri maupun swasta," ujarnya saat menerima kunjungan Kanji Terap dari Kankemenag Kota Banjarbaru terkait Capaian Emis Kemenag Balangan di ruang kerjanya, Kamis (07/07/22).

 

Saribuddin menjelaskan bahwa semua tersebut tidak lepas dari kerja sama kepala dan operator emis di madrasah, serta seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) di Kemenag Balangan yang senantiasa mendorong dan mengingatkan satker untuk melakukan pengisian satker setiap masa update diperlukan.

 

"Meskipun Balangan masih berupa kabupaten baru, kami tidak akan menjadikan hal tersebut sebagai alasan dalam keterlambatan layanan. Insya Allah dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, prestasi tersebut dapat dipertahankan," harapnya.

 

Selanjutnya Kepala Seksi (Kasi) Penmad Rahmadi, S.Pd.I, MM menjelaskan bahwa agar pengisian Emis tepat waktu, biasanya para operator diminta untuk datang berkumpul di kantor agar bisa bersama-sama mengerjakan laporan dalam satu forum. Sehingga apabila ada yang tidak dipahami bisa langsung ditanyakan dan meskipun tidak terisi penuh, setidaknya sudah terinput separuh.

 

"Begitu pula untuk penyerapan anggaran, di awal tahun sudah kami prediksi berapa yang dibutuhkan madrasah dan diserahkan RAB-nya ke kepala madrasah, jadi di akhir Juli sudah terserap hingga 50% lebih," paparnya.

 

Turut berhadir dalam rombongan Kemenag Banjarbaru Kepala Kankemenag Banjabaru Drs. H. Mahrus, MM, Kasi Penmad H. Zamrori Anshari serta seluruh staf yang berada di bagian Penmad Banjarbaru.

 

"Terima kasih atas kiat-kiat yang diberikan. Ini akan menjadi bahan pelajaran bagi kami agar di semester mendatang capaain Emis kami juga meningkat dan memenuhi 100%," tutup Mahrus.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments