Ka.Kankemenag: Dewan Hakim Bukan Sekedar Menentukan Juara, Namun Pengendali Mutu

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menegaskan bahwa peran dewan hakim dan dewan juri dalam MTQ tidak hanya sebatas menentukan siapa yang menjadi juara, melainkan juga sebagai pengendali mutu dalam penyelenggaraan acara tersebut.

 

"Dewan Hakim memiliki peranan penting dalam menjaga integritas, objektivitas, dan kualitas penilaian dalam setiap tahap kompetisi. Tugas mereka tidak hanya mengukur kemampuan para peserta, tetapi juga memastikan bahwa proses penilaian berlangsung adil dan berkualitas," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan dan Orientasi Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke-XVI Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2023 di Kec. Tebing Tinggi bertempat di Aula Mayang Maurai, Jum'at (18/08/23).

 

Lebih lanjut, Saribuddin mengapresiasi kerja keras dan tanggung jawab para anggota dewan hakim dan juri yang telah bersedia mendedikasikan waktu dan energi mereka untuk menilai para peserta MTQ. "Pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh para dewan hakim dan juri dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pelaksanaan MTQ di Kabupaten Balangan," tambahnya.

 

Pada akhir sambutannya, Saribuddin mengajak seluruh anggota dewan hakim dan juri untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, adil, dan profesional dalam menjalankan tugas mereka.

 

"Semoga dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk menjaga mutu, MTQ di Kabupaten Balangan akan berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan keagamaan dan budaya di daerah ini," imbuhnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang melantik langsung para Dewan Hakim dan Dewan Juri dalam sambutannya mengapresiasi hasil MTQ tingkat provinsi Kalimatan Selatan bulan juli tadi, di mana Balangan menempati urutan ke-6.

 

"Hingga saat ini, hasil tersebut adalah hasil terbaik yang pernah dicapai oleh Balangan, maka kita patut bersyukur, sangat bersyukur, dan optimis bahwa kemampuan tilawah para qori/qoriah balangan konsisten meningkat dari tahun ke tahun," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments