Monitoring KBM, Pengawas: Proses Pembelajaran Berlangsung Baik

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Syahrillah, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa monitoring Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada awal tahun pelajaran adalah langkah fundamental dalam meratifikasi bahwa proses pembelajaran di madrasah berlangsung dengan baik.

 

"Pengawas sendiri memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa KBM di madrasah sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan. Agar bisa memulai tahun pelajaran dengan baik, penting memperhatikan persiapan kurikulum, rencana pembelajaran, dan penjadwalan pelajaran," ujarnya saat melakukan kunjungan monitoring KBM Awal Tahun Pelajaran 2023/2024 di Madrasah Aliyah Al Hadi Lingsir, Selasa (22/08/23).

 

Syahrillah menerangkan kegiatan seperti observasi kelas, evaluasi bahan ajar, dan interaksi dengan guru merupakan salah satu langkah untuk memastikan kualitas pembelajaran.

 

"Selain itu madrasah juga memiliki peranan penting dalam pendidikan dan pembentukan karakter siswa. Madrasah diharapkan mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mencakup aspek akademik dan moral," tambahnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Syahrillah juga melakukan pendampingan terkait Ijin Operasional Pendirian Madrasah (IJOP) guna menghadapi kedatangan TIM Verval (Verifikasi Data) dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan.

 

"IJOP adalah izin resmi dari pemerintah yang diperlukan untuk mendirikan sebuah madrasah. Tadi kita melakukan bimbingan dan pendampingan terkait persyaratan dan prosedur yang harus diikuti untuk memperoleh IJOP, serta memastikan semua dokumen dan persyaratan terpenuhi," terangnya.

 

Terakhir Syahrillah menekankan perlunya mempromosikan kerja sama yang baik antara madrasah, orang tua siswa, dan pihak berwenang terkait. Komunikasi yang baik dapat membantu mengatasi hambatan dan memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik.

 

"Semua ini dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Langkah-langkah pengawasan, pendampingan, dan evaluasi seperti ini bertujuan untuk mencapai tujuan tersebut," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments