Pengawas: Metode Pembelajaran Kelas Rendah Harus Disesuaikan dengan Usia Anak

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Rabiah Hasanah, S.Pd.I, MM, menyampaikan pentingnya penyesuaian metode pembelajaran untuk kelas rendah dengan usia anak.

 

"Metode pembelajaran untuk kelas rendah harus sepenuhnya disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak-anak. Anak-anak usia dini memerlukan pendekatan yang berbeda dalam proses belajar mereka," ujarnya saat melakukan kunjungan supervisi ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hayatuddin Hukai, Kamis (07/09/23).

 

Rabiah Hasanah menjelaskan ada beberapa aspek penting yang harus dipertimbangkan dalam pendidikan anak usia dini. Anak-anak kelas rendah membutuhkan lingkungan pembelajaran yang penuh dengan kegembiraan, kreativitas, dan interaksi sosial.

 

"Pembelajaran yang berpusat pada anak, bermain, berkolaborasi, dan eksplorasi harus menjadi bagian integral dari pendekatan pembelajaran di kelas-kelas tersebut. Selain itu, guru-guru di kelas rendah harus memiliki pemahaman yang kuat tentang karakteristik perkembangan anak-anak usia dini," tambahnya.

 

Rabiah tidak hanya memantau aspek metode pembelajaran, tetapi juga mengamati interaksi guru dengan siswa serta bagaimana materi diajarkan dengan cara yang memotivasi dan menginspirasi anak-anak.

 

"Guru harus bisa menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung di kelas-kelas kelas rendah," ujarnya.

  

Sementara Kepala MI Hayatuddin Hukai H. Tarmiji, S.Pd.I mengapresiasi saran dan evaluasi yang diberikan oleh pengawas.

 

"Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki metode pembelajaran dan pendekatan mereka untuk memastikan bahwa anak-anak di kelas rendah mendapatkan pengalaman pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan mereka," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments