Peny. Buddha: Kurikulum Merdeka Beri Ruang Siswa Kembangkan Minat dan Bakat

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hariani, S.Pd., MM menyatakan bahwa Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pendidikan yang memberikan ruang yang lebih luas bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka sesuai dengan potensi yang dimiliki.

 

" Ini sejalan dengan semangat pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan, yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi individu yang berdaya saing tinggi di masa depan," ujarnya memberikan sambutan saat membuka Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka dan E-Kinerja Tahun 2023 yang digelar oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Buddha (PAB) Kab. Balangan di Aula Ar Raudah Resto and Waterpark, Rabu (20/09/23).

 

Menurut Hariani, Kurikulum Merdeka juga memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam menentukan jalur pendidikan mereka dan memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat mereka.

 

"Hal ini diharapkan dapat memberikan motivasi ekstra kepada siswa untuk lebih bersemangat dalam proses belajar-mengajar," tambahnya.

 

Sementara itu, E-Kinerja merupakan sistem yang dirancang untuk meningkatkan performa dan kinerja organisasi serta aparatur dalam menjalankan tugasnya sehari-hari sesuai dengan jabatan dan beban kerjanya.

 

"Dengan implementasi E-Kinerja, diharapkan akan lebih mudah untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja para aparatur, sehingga peningkatan kualitas layanan publik dapat tercapai," terang Hariani pada acara yang dihadiri oleh 35 orang Guru PAB, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS, yang bekerja di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Balangan dan Pemerintah Kabupaten Balangan tersebut.

 

Terakhir Hariani menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah langkah awal yang penting dalam mengimplementasikan perubahan-perubahan positif dalam dunia pendidikan agama Buddha dan tata kelola organisasi di Kabupaten Balangan.

 

"Dengan pengetahuan yang diperoleh dalam acara ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam mendukung kemajuan pendidikan dan pelayanan publik di wilayah mereka," pungkasnya.

 

Narasumber yang mengisi acara ini berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, yang menjelaskan secara rinci tentang Kurikulum Merdeka. Selain itu, narasumber dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Balangan juga memberikan penjelasan tentang E-Kinerja, memberikan pandangan yang komprehensif tentang pentingnya sistem ini dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments