Bendahara Madrasah Ikuti Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan

 



(Paringin - Kemenag Balangan) - Demi meningkatkan pemahaman tentang pentingnya melaporkan  Annual Tax return (SPT) Tahunan bagi para guru dan pegawai negeri yang berada di lingkungan Kementerian Agama  (Kemenag) Kab. Balangan, Kantor Kemenag Balangan bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Paringin mengadakan sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan.

 

Kegiatan yang diadakan di Aula Asy-Syura Kantor Kemenag Balangan tersebut mengundang sejumlah bendahara dan operator pada MTsN dan MAN se-Kab.balangan serta bendahara dari lingkungan kantor Kemenag sendiri.

 

"Terima kasih kepada pihak KP2KP Paringin yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan membina tentang pelaporan dan pengisian SPT Tahunan kepada teman-teman dari satker kami agar nantinya bisa mengisi laporan SPT secara benar," ucap Yamani saat memberi sambutan dalam acara yang berlangsung pada Kamis (25/2/21) tersebut.

 

Muhammad Yamani menuturkan bahwa membayar pajak merupakan kewajiban setiap orang selaku warga negara Indonesia, sebagaimana kewajiban membayar zakat bagi umat Islam. Karenanya ia berharap jangan ada yang merasa rugi dengan membayar pajak karena pada akhirnya itu semua akan kembali ke masyarakat.

 

"Jangan ragu membayar pajak. Bentuk pembangunan yang ada di negara ini tidak akan berjalan lancar jika pajak tidak dilaporan dan disalurkan tiap tahunnya. Sebagai ASN, mari kita menjaid contoh dalam penerapan tertib pajak," tambahnya.

 

Terakhir Yamani berpesan agar ilmu yang didapatkan di dalam sosialisasi ini disampaikan kepada teman yang ada di tempat kerja masing-masing.

 

"Manfaatkan waktu belajar disini sungguh-sungguh hingga bisa memahami tata cara pengisian SPT dengan benar supaya tidak ada lagi kesalahan dalam pelaporan. Tanyakan pula hal-hal yang tidak mengerti secara langsung kepada kawan-kawan dari KP2KP," pungkasnya.

 

Kepala KP2P Paringin Yudi Setyo Nugroho menuturkan kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan pelayanan yang baik kepada wajib pajak dan mendukung upaya peningkatan pelaporan SPT Tahunan orang pribadi, terutama untuk guru di lingkungan Kemenag Balangan.

 

"Kami berharap sosialisasi ini bisa mempermudah para pegawai untuk mengisi SPT Tahunan pribadi masing-masing tanpa  harus diisikan oleh orang lain," terangnya.

 

Kegiatan asistensi pelaporan SPT Tahunan dimulai dengan pretest tentang pengetahuan para peserta mengenai SPT Tahunan, dilanjutkan dengan praktek pengisian SPT Tahunan dari perangkat laptop dan smartphone yang dibawa peserta. Di akhir acara, diadakan pemberian undian doorprize bagi tiga peserta beruntung yang berhasil menjawab pertanyaan pretest secara benar.

 

Teks: Uswah 

Foto: Uswah 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments