Ka.Kankemenag Balangan Prakarsai Deklarasi Penerapan 5M


Paringin (Kemenag Balangan) - Sebagai bentuk keseriusan dalam mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes), Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan H. Muhammad Yamani memprakarsasi pembuatan Deklarasi Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 5M.

 

Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kabupaten Balangan yang berhadir dalam acara Rapat Koordinasi Penguatan Protokol Kesehatan di Aula Asy-Syura Kemenag Balangan.

 

"Tanggung jawab untuk bersama-sama mencegah dan mengendalikan penularan virus COVID-19 tidak hanya merupakan tugas satu kelompok, namun juga seluruh kelompok masyarakat tanpa pandang suku dan agama," terang Muhammad Yamani pada Kamis (4/2/21).

 

Lebih lanjut Yamani menambahkan bahwa lembaga Kemenag menaungi tidak hanya satu agama, namun seluruh agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Karenanya Yamani berharap seluruh tokoh agama bisa terlibat langsung dalam kampanye penerapan prokes.

 

"Saya juga menghimbau Bapak Ibu sekalian untuk membuat spanduk dan video tentang penerapan 5M yang nantinya bisa disebarluaskan kepada masyarakat agar bisa menjadi perhatian demi menekan laju penyebaran COVID-19," tambah Yamani.

 

Selain Muhammad Yamani sebagai Ka.Kankemenag Kab. Balangan,  ada 14 pihak yang menandatangani Deklarasi Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 5M yaitu H. Muhammad Fahmi (Ka.Subbag TU Kemenag Balangan), Ust Abdul Mugeni (FKPP Balangan), Mariana (tokoh agama Hindu), Mahyudin (GP ANSOR), Jaini (Pengurus Gereja Katholik), Rusmawi (Pengurus Gereja Protestan), PMd Hensi (Tokoh Buddha), Supriani (Ketua FKUB), Bahrul Elmi (FKDT Balangan), Faisal Noorhadi (Ketua PDPM),  H.M. Iswandi (Sek. PC NU), Harliannor (BKPRMI), Mahyudin (Ketua PD Muhammadiyah), dan Mandan (Ketua Dewan Adat Dayak).

 

Ada dua poin utama yang menjadi isi deklarasi ini, pertama bersedianya para tokoh untuk menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan dan kedua himbauan kepada masyarakat dan penganut agama untuk ikut serta dalam gerakan sosialisasi protokol kesehatan 5M serta pencegahan dan pengendalian COVID-19.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments