Kukuhkan Siswa Kelas XII, Ka.Kankemenag Harap Siswa Terus Toreh Prestasi

 



Halong (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I berharap agar para siswa yang telah lulus dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Balangan bisa terus menorehkan prestasi lebih baik diluar sana nantinya, baik dalam bidang akademik maupun dalam hal bermasyarakat.

 

Saat mengukuhkan siswa Kelas XII MAN 4 Balangan pada acara Wisuda dan Pengukuhan Virtual, Muhammad Yamani memberikan apresiasi kepada lulusan MAN 4 Balangan yang telah mendapatkan sejumlah pretasi yang begitu membanggakan selama berstatus sebagai siswa di madrasah tersebut.

 

"Semua itu tidak akan bisa terjadi tanpa adanya kerja sama yang baik antara siswa, guru, kepala madrasah, dan juga komite madrasah. Komite madrasah memiliki peranan penting membangun kepercayaan masyarakat sehingga diharapkan hubungan antara komite dan madrasah bisa terjalin dengan baik," ujarnya pada Kamis (27/5/21).

 

Yamani lebih jauh juga merasa bangga terhadap MAN 4 Balangan yang meskipun posisi madrasah berada agak ke dalam, tidak mengurangi semangat siswa untuk mampu bersaing dan mendapatkan prestasi yang bisa mengalahkan madrasah di daerah perkotaan.

 

"Artinya posisi tidak menentukan keberhasilan seseorang, tapi tergantung dari pribadi sendiri apakah ingin maju dan itu bisa dicapai selama ada kemauan kuat," tuturnya.

 

Usai pengukuhan ini, seluruh siswa akan dikembalikan kepada orang tua serta wali murid. Oleh karenanya Yamani meminta pengertian para orang tua apabila para lulusan nantinya tidak sesempurna yang diharapkan sewaktu menitipkan anak ke madrasah, karena proses pendidikan karakter tidaklah semudah membalik telapak tangan.

 

"Setelah ini muncullah peran orang tua menyempurnakan karakter anak-anaknya di rumah dengan bekal yang telah diberikan di madrasah, tolong sempurnakan," pintanya.

 

Terakhir Yamani menyambut baik acara pengukuhan dan wisuda secara virtual karena terlepas dari keterbatasan, tetap bisa mengadakan wisuda meski tidak dihadiri seluruh siswa.

 

"Walau tidak dihadiri semua siswa, tapi bisa disaksikan lebih banyak orang melalui zoom dan media Youtube bahkan bisa menjadi promosi tidak langsung keberadaan madrasah, khususnya MAN 4 Balangan ini," pungkasnya.

 

Kepala Madrasah MAN 4 Balangan Zulfah Magdhalena, S.Pd, M.S.I menyampaikan siswa kelas XII yang berjumlah 66 orang lulus 100 persen dengan nilai sangat memuaskan.

 

"Bahkan ada yang berhasil diterima di perguruan tinggi ternama seperti UNLAM dan UIN. Ada pula yang menorehkan prestasi di bidang olahraga dan seni, Kompetensi Sains Nasional serta Olimpiade Sains Nasional," ujarnya.

 

Zulfah berharap walaupun sudah lulus, para lulusan bisa tetap menjalin komunikasi dengan madrasah apalagi apabila ada kabar gembira terkait perolehan pretasi di perguruan tinggi tempanya melanjutkan kuliah atau prestasi-pretasi di bidang masyarakat lainnya.

 

"Semoga pula muncul siswa-siswa penerus lainnya yang bisa kembali membawa nama harus MAN 4 Balangan," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments