Evaluasi Kinerja, Ka.Kankemenag: Sempurnakan Kekurangan di Tahun Selanjutnya

 



Banjarbaru (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa kekurangan yang ada pada capaian Kinerja Triwulan IV Tahun 2021 harus menjadi bahan evaluasi agar pelaporan di tahun 2022 bisa menjadi lebih sempurna.

 

"Sebagaimana anjuran dan perintah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, diupayakan untuk percepatan anggaran sudah hampir selesai di bulan Oktober. Hal ini menjadi catatan penting dalam pelaksanaan anggaran tahun 2022," ujarnya usai mengikuti Rapat Evaluasi Kinerja Triwulan IV Kemenag Provinsi Kalsel Tahun 2021 di Hotel Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Sabtu (22/1/22).

 

Terkait evaluasi Kinerja Kemenag Balangan, Saribuddin menyatakan bahwa realisasi capaian kinerja yang diperoleh sudah sangat bagus karena berada di angka 96.4 persen, sementara untuk realisasi capaian keuangan berada di angka 114,56 persen, dengan kata lain mengalami pagu minus.

 

"Meski demikian, pagu minus telah kita revisi dengan baik. Dan ini menjadi pelajaran dengan harapan ke depannya hal ini bisa dihindari," tambahnya.

 

Selanjutnya menurut Saribuddin, penting pula diadakan evaluasi capaian kinerja terhadap eselon IV dan KUA secara berkala setiap triwulan, serta evaluasi capaian kinerja terhadap madrasah paling sedikit setiap enam bulan.

 

"Dari evaluasi nantinya kita bisa mengetahui apakah suatu kegiatan berhasil atau tidak, bila berhasil apa saja capaiannya, dan apabila tidak berhasil apa saja kendalanya. Nanti semua satuan kerja harus melakukan penginputan capaian kinerja pada aplikasi Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPTA) pada tiap triwulan," pungkasnya.

 

Dalam rapat tersebut, hadir secara langsung Kakanwil Kemenaag Prov. Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.MPd beserta Kakankemenag dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel. Dari Kemenag Balangan selain Kakankemenag, hadir pula Kepala Sub Bagian Tata Usaha Harmainor, S.Pd.I, MM beserta Hartudin, SE selaku Pengelola Laporan Evaluasi Kinerja Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments