Ka.Kankemenag Dukung Bupati Balangan Genjot Capaian LPTQ

 



Paringin (Kemenag Balangan)- Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan dukungan atas program Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang pada tahun 2022 ingin meningkatkat capaian dan kinerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan, baik dalam bentuk peningkatan kualitas maupun kuantitas.

 

"Bupati Balangan berniat memberikan dorongan atas berbagai kegiatan pengembangan keagamaan yang ada di Kab. Balangan, baik itu tilawatil qur'an, hafizh qur'an, kaligrafi dan sebagainya, dengan harapan prestasi putera puteri Balangan bisa lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar Saribuddin saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (18/1/22).

 

Untuk meningkatkan prestasi tersebut terang Saribuddin salah satu upaya yang dilakukan adalah menambah waktu dan durasi latihan MTQ, dari yang sebelumnya seminggu sekali menjadi dua kali dalam seminggu, serta memfasilitasi para peserta dan pelatih agar lebih semangat belajar.

 

"Nanti tiap desa akan diberikan kuota 20peserta, kemudian rencananya setiap satu bulan sekali juga akan didatangkan  para qari internasional yang berdomisili di Banjarmasin, dengan tempat latihan yang dikumpulkan di Kabupaten," tambahnya.

 

Bupati Balangan juga ingin agar tiap desa memiliki satu rumah tahfizh dengan harapan satu desa minimal mempunyai satu penghafal AL-Qur'an.

 

"Nantinya kepada para tahfizh akan diberikan reward sebagai penyemangat meningkatkan hafalan yaitu beasiswa pendidikan ke luar negeri, Kairo dan Yaman, kepada 10 orang tahfizh yang akan dipilih melalui seleksi ketat," tukasnya.

 

Karenanya menurut Saribuddin, Bupati meminta kepada LPTQ untuk  segera menyusun program beserta anggarannya  dan Bupati siap menyetujui sebagai bentuk penyemangat kepada putera puteri balangan yang ingin belajar pengembangan Al-Qur'an.

 

"Harapan Bupati di ajang MTQ ke depan, Kab. Balangan bisa mendapatkan juara yang memuaskan. Dan lebih dari itu, kita doakan bersama upaya pembinaan keagamaan ini sebagai salah satu Amal Jariyah pemerintah daerah yang mudah-mudahan membawa berkah," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswa

Related Posts

Post a Comment

0 Comments