Kasi Bimas Islam: Kegiatan Keagamaan Sukses dengan Penyusunan Program yang Matang

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa kesuskesan kegiatan keagamaan yang digelar oleh organisasi masyarakat (ormas) keagamaan terletak pada persiapan yang matang dalam hal penyusunan program.

 

"Apabila pada awalnya sudah ada rancangan tentang apa target yang ingin dicapai serta apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut, maka kegiatan akan menjadi lebih terarah demi mendapatkan hasil yang memuaskan," ujarnya saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Keagamaan di Aula Mayang Maurai, Rabu (12/1/22).

 

Wahid lebih jauh menjelaskan bahwa sinergi antara ormas dan pemerintah daerah (pemda) menjadi hal yang penting dalam menjalankan program, dimana ormas berperan menyusun program pengembangan keagamaan yang dibutuhkan dan pemda bertanggung jawab memfasilitasi terkait kesejahteraan para pelatih dan peserta yang termasuk di dalamnya.

 

"Kita harap prestasi daerah dalam hal kegiatan keagamaan, baik itu tahfizhul Qur'an, tilawatil Qur'an, serta pembinaan keagamaan lainnya bisa meningkat serta membawa nama harus Balangan apabila ditunjukkan dalam pergelaran tingkat provinsi maupun nasional,"harapnya.

 

Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang hadir dalam rapat meminta kepada para ormas untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan keagamaan yang sudah ada. Untuk kegiatan LPTQ, Hadi  menyatakan siap mengundang pelatih berkaliber nasional dan internasional demi kemajuan peserta. Dan terkait pembinaan muallaf, Hadi harap pembinaan bisa lebih intensif untuk menjaga aqidah mereka agar tidak kembali ke agama terdahulu.

 

"Silahkan ajukan proposal. Bagi para tahfizh Al Qur'an, pemda juga siap memberikan rewad pendidikan beasiswa ke luar negeri yaitu ke negara Kairo dan Yaman bagi 10 putera puteri daerah yang lulus seleksi dengan harapan saat mereka kembali nanti, bisa ikut memajukan kegiatan keagamaan di Kab. Balangan," pungkasnya.

 

Selain dihadiri Kasi Bimas Islam, rakor keagamaan juga dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I dan Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Harmainor, S.Pd.I, MM serta ormas keagamaan di Kab. Balangan meliputi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdhatul Ulama (NU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), Badan Komunikasi Pemuda remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Rumah Tahfizh, Pembina Muallaf, dan Istana Anak Yatim serta dinas terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), dan Badan Pengelola Keuangan dan Arsip Daerah Kab. Balangan

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments