Ketua DWP: Persiapkan Diri Sejak Dini Demi Masa Lansia Sehat Bahagia

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin menyatakan perlunya melakukan persiapan sedini mungkin agar sewaktu memasuki masa lanjut usia (lansia) tetap bisa menjalani hidup dengan sehat dan bahagia.

 

"Proses menua seperti lemahnya fisik, kulit keriput, bahkan perasaan tidak berdaya karena proses penuaan menjadikan kita makin diliputi rasa khawatir. Tapi bunda, menjadi tua itu pasti. Sehingga kita tidak boleh takut, namun justru harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya," ujarnya dimintai keterangan saat mengikuti Webinar Provinsi yang diselenggarakan oleh DWP Kemenag Kab. Hulu Sungai Utara (HSU) dengan Tema Persiapan Menuju Masa Lansia Tangguh yang Sehat, Aktif, Mandiri, Produktif dan Bahagia via zoom di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Selasa (25/1/22).

 

Aminah selanjutnya memaparkan beberapa langkah yang bisa dikerjakan sewaktu muda untuk menghadapi masa tua diantaranya menjadwalkan olahraga secara teratur, meningkatkan nutrisi atau gizi dengan mengkonsumis sayuran dan buah-buahan, serta menjalin hubungan yang akrab dengan keluarga maupun tetangga dengan mengikuti perkumpulan atau kegiatan di masyarakat.

 

"Pada intinya, langkah awal adalah dapat menerima bahwa masa tua sudah tentu akan kita alami nantinya. Persiapkan diri sejak awal dengan senantiasa bersyukur serta meningkatkan keyakinan dan penghayatan terhadap agama. Kita yakin ini adalah salah satu fase hidup yang memang harus dijalani,  jadi mari bersikap ikhlas dan bersyukur karena masih diberikan nikmat untuk tetap hidup," ujarnya.

 

Dalam Webinar tersebut Ketua DWP Kantor Wilayah (Kanwil)Kemenag Provinsil Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Lita Ariani Tambrin hadir secara langsung dan memberikan arahan mengajak pengurus dan anggota DWP untuk meningkatkan kesadaran diri, partisipasi dan kepedulian sosial terhadap para lansia.

 

"Semoga ibu-ibu senantiasa diberikan kesehatan agar dapat memberikan sumbangsih memajukan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai bersama," ungkapnya.

 

Acara webinar diikuti oleh Ketua DWP dari 13 Kab/Kota di Kalsel. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Jannatun Nisa, SPsi yang menyampaikan materi tentang persiapan bagi pralansia untuk menghadapi masa lansia yang tangguh, sehat, aktif, mandiri, produktif dan bermartabat.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments