Ka.Kankemenag: Pasar Ramadhan Bantu Tumbuhkan Perekonomian Umat Islam

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan menyatakan  bahwa kehadiran Pasar Ramadhan turut membantu menumbuhkan perekonomian umat Islam di tengah kondisi  ekonomi yang juga terpukul dengan hadirnya pandemi Covid-19.

 

"Pasar Ramadhan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain untuk mempermudah warga yang ingin mencari keperluan untuk berbuka puasa, tetapi juga merupakan ladang penghasilan bagi para pedagang yang berjualan di pasar Ramadhan." ujarnya dimintai keterangan saat menghadiri acara Pembukaan Pasar Ramadhan Kab. Balangan di Kawasan Terminal Paringin, Sabtu (02/04/22).

 

Saribuddin menambahkan bahwa keberadaan Pasar Ramadhan juga merupakan bentuk event wisata kuliner karena banyak pedagang yang menjual berbagai makanan minuman dengan disediakannya lebih dari 70 buah lapak oleh Pemerintah Daerah.

 

"Yang terpenting adalah para penjual senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat berdagang agar terlihat rapi dan pembeli pun senang melihatnya dan betah berlama-lama serta tidak  ragu untuk kembali datang berbelanja di hari-hari selanjutnya," tambahnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang berhadir langsung membuka Pasar Ramadhan menyatakan bahwa kehadiran Pasar Ramadhan ini merupakan bentuk jawaban atas rindunya masyarakat akan keberadaan Pasar Ramadhan yang sudah dua tahun tidak lagi diselenggarakan akibat situasi pandemi yang kala itu masih cukup genting.

 

"Kita berani mengadakan pasar Ramadhan tahun ini disebabkan penurunnya warga yang terpapar covid-19. Selain itu Kab. Balangan memiliki angka vaksinasi tertinggi di Kalimantan Selatan. Dengan pertimbangan itu kita laksanakan Pasar Ramadhan dari hari ini sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujarnya dalam sambutan.

 

Dengan dibukanya Pasar Ramadhan ini, Bupati berharap masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan karena masih musim pandemi Covid-19 serta menjaga kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan ketika berbelanja.

 

“Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kab. Balangan menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H kepada seluruh muslimin dan muslimat di Balangan. Semoga di bulan yang penuh rahmat, hidayah dan ampunan dapat menyempurnakan amal ibadah Ramadhan kita,” tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments