Kasi Penmad Dorong Madrasah Swasta Ajukan Proposal Bantuan Melalui Simsarpras

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM mendorong madrasah swasta untuk mengajukan permohonan bantuan melalui Program Peningkatan Mutu Sarana dan Prasarana Madrasah Tahun Anggaran 2022.

 

"Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam telah membuka akses untuk pengajuan Bantuan Sarana dan Prasarana Madrasah Tahun 2022 melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/simsarpras/login/. Silahkan masuk ke aplikasi dan ajukan permohonan bantuan proposal," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Kamis (31/3/22).

 

Rahmadi lebih jauh menjelaskan alur pengajuan proposal yang dimulai dari login menggunakan Nomor Statistik Madrasah (NSM) dan password default menggunakan NSM, dilanjutkan dengan memperbaharui identitas madrasah, letak geografis dan data pokok madrasah yang valid, mengisi riwayat jenis bantuan yang pernah didatakan lima tahun peratkhir, serta updating riwayat perstasi siswa bagi madrasah yang berprestasi selama 5 tahun terakhir.

 

"Yang terakhir diupdate adalah data sarana prasarana yang tersedia di madrasah berikut dengan kondisisinya. Setelah itu langsung upload pengajuan proposal secara online melalui aplikasi sesuai dengan  kebutuhan madrasah. Status pengajuan proposal bisa dilihat secara realtime melalui aplikasi untuk mengetahui kelanjutan usulan yang telah diajukan," tambahnya.

 

Adapun ruang lingkup bantuan madrasah swasta yang dapat diusulkan diantaranya bantuan penyediaan meubelair, bantuan pembangunan ruang kelas baru, bantuan rehab ruang kelas, bantuan server dan jaringan komputer serta bantuan pengadaan peralatan media pembelaharan atau ektrakurikuler madrasah.

 

"Bantuan diberikan kepada madrasah swasta mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsnawiyah dan Madrasah Aliyah. Ayo segera ajukan permohonan bantuan, jangan sia-siakan kesempatan diberikan," pungkasnya.

 

Simsarpras atau Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Madrasah adalah sistem informasi sarana dan prasarana Madrasah yang dapat digunakan untuk Pengajuan Proposal Bantuan, Pelaporan Bantuan yang didapatkan, Geografic Information System(GIS) sarana dan Prasarana Madrasah, serta Penyimpanan berkas berkas penting terkait sarana dan prasarana Madrasah seperti kondisi bangunan yang rusak dan baik.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments