Awali Gelaran MTQ, Tim Kerja LPTQ Kab. Balangan Lakukan Verifikasi Faktual

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Tim Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Tingkat Kab. Balangan Ke-15 Tahun 2022 menggelar verifikasi faktual di Aula Kecamatan Paringin Selatan, Jum'at (20/5/22).

 

Verifikasi peserta merupakan acara awal sebelum pelaksanaan pembukaan MTQ di Mesjid Al Akbar Balangan dari seluruh rangkaian acara MTQN Kab. Balangan ke-15 Tahun 2022.

 

Wakil Sekretaris Tim Kerja LPTQ Najamuddin saat dimintai keterangannya mengatakan bahwa ada 301 peserta yang akan bertanding di gelaran MTQ yang tersebar pada 23 cabang lomba baik putera maupun puteri.

 

“Semua peserta harus datang langsung melakukan verifikasi faktual dengan membawa berkasi asli dan fotokopi, kalau tidak berarti dianggap mengundurkan diri,” ujarnya.

 

Najamuddin lebih jauh menyatakan dokumen atau persyaratan yang dibawa kafilah kecamatan yaitu KTP atau Kartu keluarga asli dan fotokopi, akte kelahiran asli dan fotokopi, surat mandat asli serta pas foto 4x6.

 

"Dalam proses verifikasi faktual, panitia akan mencocokkan data yang dimasukan pada saat pendaftaran dengan dokumen yang ada. Jika sudah sesuai, maka peserta dinyatakan dapat mengikuti perlombaan MTQ ke-15 tingkat Kab. Balangan di Kec. Paringin Selatan," jelasnya.

 

Menurut Najamuddin dari verifikasi faktual yang dilakukan kepada seluruh kafilah dari 8 kecamatan, didapati bahwa semua peserta telah memenuhi syarat dan dinyatakan lolos proses verifikasi.
 

"Selanjutnya usai pembukaan siang ini, maka gelaran MTQ akan resmi dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini hingga penutupan pada Minggu, 22 Mei 2022," pungkasnya,

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Wahid Noor Fajeri yang ikut hadir memantau kegiatan menyatakan bahwan verifikasi wajib dilakukan untuk  mengetahui keabsahan kelengkapan berkas peserta yang akan tampil di ajang MTQ yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

 

"Semoga para peserta dapat bertanding sehat, dengan niatan ibadah demi memakmurkan syiar Islam, dan bisa melahirkan bakat-bakat daerah yang bisa berprestrasi dalam bidang Qur'an hingga tingkat nasional," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments