Kukuhkan Siswa Kelas XII, Ka.Kankemenag: Jangan Lupa Guru, Harumkan Nama Madrasah

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin menyampaikan tiga pesan penting kepada para siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Balangan yang dikukuhkan dan diwisuda pada acara Milad ke-25 dan Wisuda Akbar Ke-25 MAN 4 Balangan Tahun 2022 di halaman MAN 4 Balangan Kec. Halong, Senin (30/5/22).

 

"Pertama, jangan lupa kepada guru. Saat telah lulus nanti dan bertemu di luar atau lingkungan masyarakat, jangan hilangkan sikap sopan dan hormat, karena untuk guru tidak ada istilah bekas guruatau mantan guru," ujarnya saat menyampaikan sambutan.

 

Kedua Saribuddin berpesan agar setelah lulus nanti maka harus bisa bersikap dewasa dan tidak lagi menjadi beban orang tua, baik itu bagi yang melanjutkan kuliah maupun memilih untuk bekerja.

 

"Pesan terakhir pagi para anak-anak sekalian adalah harumkanlah nama madarsah. Dimanapun berada, jangan sampai mencemarkan nama baik madrasah. Tidak harus dengan menorehkan prestasi lewat pendidikan lebih tinggi, menjadi sosok yang religius di masyarakat juga adalah salah satu cara menjaga nama baik madrasah," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik siswa selama tiga tahun dengan harapan usaha tersebut menjadi amal jariyah yang mengalir sepanjang masa.

 

"Perjuangan para guru membuktikan bahwa walaupun madrasah jauh di pegunungan, yang namanya intan akan tetap berkilau sepanjang masa," ungkapnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang ikut berhadir dalam acara menyampaikan pesan dalam sambutannya kepada lulusan yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi agar jangan hanya kuliah dengan niatan untuk mendapatkan ijazah, namun sebagai usaha pendewasaan diri sebelum terjun ke masyarakat.

 

"Bagi yang tidak kuliah atau melanjutkan bekerja, pesan sama sama seperti Kepala Kemenag, jaga nama baik, dan jangan lupa dengan guru saat bertemu selepas lulus," nasihatnya.

 

Kepala MAN 4 Halong Zulfah Magdalena selanjutnya menyatakan bahwa dari 50 orang siswa kelas XII, 48 orang dinyatakan lulus sedangkan 2 orang tidak. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat dan musyawarah panjang demi memastikan keluaran MAN 4 Balangan benar-benar layak dinyatakan lulus.

 

"Banyak orang terlena dengan pandemi Covid-19 dan meluluskan siswa tanpa pikir panjang. Kami tidak ingin seperti itu, apalagi ini jenjang Sekolah Atas yang akan langsung berhadapan dengan masyarakat. Dua orang yang tidak lulus akan kembali kami godok agar benar-benar siap ke masyarakat di tahun depan," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments