Jamaah Haji Meninggal, Kemenag Balangan Lakukan Pendampingan Total

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Seorang jamaah haji Kab. Balangan Tahun 1443 H / 2022 M meninggal saat dalam perjalanan berangkat ke tanah suci. Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) siap siaga melakukan pendampingan total hingga jenazah dimakamkan di tanah kelahiran.

 

Kepala Seksi (Kasi) PHU Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menjelaskan bahwa hingga berangkatnya jamaah haji, kemudian diketahui ada yang meninggal, sejumlah prosedur harus dijalankan. Kemenag bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan bagian penerbangan terus melakukan koordinasi agar jenazah bisa diantarkan kembali ke kampung halaman.

 

"Memang kita semua tidak menginginkan terjadinya musibah, namun kita harus menyiapkan diri atas apapun yang terjadi. Setelah mendengar bahwa jamaah kita Samsinah meninggal di pesawat, kami langsung menghubungi pihak bandara terkait pemulangan jenazah. Kami juga menghubungi pihak keluarga untuk bisa menguatkan hati serta menyiapkan pengurusan mayyit," ujarnya saat melakukan takzi'ah bersama Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I di rumah keluarga Samsinah di desa Galumbang Kec. Juai, Selasa (14/06/22).

 

Ditanya lebih jauh mengenai status dana haji yang telah disetorkan oleh Almh. Samsinah, Fahmi mengatakan bahwa

tidak ada pergantian uang atau pergantian haji untuk ahli waris. Pasalnya, menurut aturan, karena meninggalnya Samsinah sudah masuk perjalanan, maka dianggap wafat. "Meski begitu, kami bersama pihak terkait akan berusaha membantu setiap pengurusan administrasi yang akan dilakukan, termasuk klaim asuransi." tambahnya.

 

Sementara Saribuddin selaku Ka.Kankemenag mengucapkan ungkapan berbelang sungkawa atas meninggalnya Samsinah selaku jamaah haji Kab. Balangan. "Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan almarhumah berada di tempat yang layak di sisi-Nya," harapnya.

 

Diketahui, almarhumah Samsinah tergabung dalam Kloter 1 jamaah haji Kab. Balangan yang berangkat bersama jemaah haji dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Banjar. Samsinah meninggal di pesawat dalam perjalanan berangkat ke tanah suci dan transit di Medan pada Senin (13/06/22) dini hari.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments