Ka.Subbag TU: Update Data dan Informasi secara Berkala

 



Paringin (Kemenag Balangan) - "Update-lah data dan informasi lembaga secara berkala," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I saat menerima kunjungan monitoring dari Sub.Bagian Perencanaan Data dan Informasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di ruang kerjanya, Selasa (14/06/22).

 

Harmainor menyatakan bahwa pada suatu instansi ada data dinamis yang senantiasa berubah setiap tahun sehingga harus diperbarui sesuai dengan perabahan yang terjadi, misalnya jumlah ASN di Kantor, di madrasah, data penyuluh dan data peristiwa nikah.

 

"Sedangkan data statis seperti lokasi suatu lembaga atau tempat ibadah, bisa diimport dari data tahun sebelumnya selama sudah dipastikan tidak  ada perubahan," tambahnya.

 

Dalam pengolaan data dan informasi, Harmainor mengatakan bahwa tanggung jawab pengelolaan tidak hanya berada pada satu pihak, namun seksi lain harus bisa bersikap kooperatif menyediakan data yang diminta agar proses updating data tidak terhambat.

 

"Dengan dipusatkannya satu data pada satu database, apabila ada pihak yang memerlukan data tertentu, maka bisa langsung dilihat disana. Tidak hanya data terbaru, tapi juga data di beberapa tahun belakang," pungkasnya.

 

Jain Rahman, Pengelola Data dan Informasi Kanwil Kemenag Kalsel saat dimintai keterangan menjelaskan bahwa monitoring dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengelola data di Kemenag Kabupaten mampu menavigasi fasilitas impor data yang disedikan oleh Kanwil Provinsi, berikut kendala yang selama ini dialami.

 

"Hasil monitoring akan kami jadikan bahan evaluasi dalam perbaikan sistem database. Saran yang diberikan juga akan menjadi masukan untuk pengembangan sistem agar ke depannya pengelolaan data di lingkup Kemenag Kab/Kota di Kalsel menjadi lebih sistematis namun tetap simple dan mudah digunakan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments