Kasi Penmad: Kurikulum Merdeka akan Diterapkan secara Bertahap

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa Kurikulum Merdeka akan diterapkan di sejumlah madrasah di lingkungan Kemenag Balangan secara bertahap.

 

"Madrasah percontohan atau piloting akan mulai menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Adapun madrasah lainnya akan diminta untuk mempersiapakn diri dalam pengimplementasian di tahun ajaran ke depan," ujar Rahmadi saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (07/06/22).

 

Rahmadi menjelaskan bahwa madrasah yang ingin mengajukan diri sebagai piloting Kurikulum Merdeka diminta untuk mengajukan usulan ke Kemenag Kab. Balangan. "Nantinya Kemenag Balangan akan menunjuk minimal satu dari jenjang Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah untuk diusulkan sebagai madrasah pelaksana Kurikulum Merdeka," tambahnya.

 

Lebih Jauh Rahmadi memaparkan bahwa bagi madrasah yang tidak ditunjuk untuk menerapkan Kurikulum Merdeka diharapkan bisa menggunakan beberapa aspek dari kurikulum tersebut dalam pembelajaran sambil mencoba-coba.

 

"Tidak mengapa tetap menggunakan buku ajar yang menggunakan Kurikulum 2013. Jadi selama setahun ke depan bisa  mempelajari konsepnya sambil mengikuti pelatihan atau belajar kepada madrasah piloting agar di tahun berikutnya bisa siap dalam penggunaan Kurikulum Merdeka," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments