Kemenag Balangan Gandeng BSI Sediakan Jasa Tukar Uang Riyal bagi JCH

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Menjelang Keberangkatan Jamaah Calon Haji 1443 H/2022 M, Kepala Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang (KC) Tanjung menyediakan jasa penukaran uang rupiah ke riyal bagi Jamaah Calon Haji (JCH) di depan ruang seksi PHU, Jum'at (4/6/22).

 

Adapun uang yang ditukarkan telah dibungkus dalam paketan 1 juta rupiah yang terdiri dari beberapa pecahan riyal yaitu 150 lembar pecahan 50 Riyal, 50 lembar pecahan 10 riyal, 30 lembar pecahan 5 riyal dan 8 lembar pecahan 1 riyal dengan total 238 riyal.

 

Kepala Seksi (Kasi) PHU Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menyatakan kebanyakan masyarakat lebih suka dengan sistem tradisional yaitu memegang uang riyal langsung dari tanah air sehingga saat menunaikan ibadah haji tidak sibuk lagi mencari tempat penukaran uang.

 

"Padahal sebenarnya dengan membawa kartu ATM Indonesia pun JCH juga bisa tarik tunai langsung lewat mesin ATM di Arab Saudi. Bahkan sebagian tempat perbelanjaan juga menerima pembayaran dengan uang rupiah. Meski begitu, mungkin daripada was-was kenapa-kenapa, JCH lebih tenang kalau mengantongi ulang riyal secara langsung," ujarnya panjang lebar.

 

Wahid menyampaikan JCH cukup antusias melakukan prosesi tukar uang di Kantor Kemenag karena sebagian JCH masih memiliki keterbatasan inforsmasi terkait tempat penukaran uang resmi negara Arab Saudi tersebut.

 

"Keberadaan stand tukar uang ini semoga berguna. Mudah-mudahan pula CJH kita dicukupkan rezekinya agar bisa menjalankan ibadah haji tanpa dirundungi beban finasial," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments