Lepas Jamaah Haji Balangan, Ka.Kankemenag Sampaikan Empat Pesan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyampaikan empat pesan kepada Jamaah Haji Kab. Balangan Tahun 1443 H / 2022 M yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci tahun ini.

 

"Pertama, jaga kebersamaan dan kekompakan. Setiap jamaah telah masuk dalam regu dan kelompok masing-masing. Tolong diingat-ingat siapa saja teman satu regunya dan jangan sampai ada teman yang ketinggalan dalam tiap prosesi kegiatan haji nanti," ujarnya saat mengikuti kegiatan Pelepasan Jamaah Calon Haji Kab. Balangan Tahun 1443 H / 2022 M di halaman Mesjid Agung Al Akbar Balangan, Sabtu (11/06/22).

 

Kedua Saribuddin meminta jamaah haji untuk menjaga nama baik negara Indonesia dan daerah Kalimantan Selatan dengan tidak melakukan perbuatan tidak layak semasa tengah berhaji. "Yang ketiga patuhi aturan di negara Arab Saudi. Seperti kata pepatah lain ladang lain belalang lain, lubuk lain ikannya, turuti aturan yang berlaku disana dan patuhi perintah petugas haji," tambahnya.

 

Terakhir Saribuddin berpesan agar jamaah tetap senantiasa menjaga kesehatannya agar bisa menjalani ibadah dengan khusyu' tanpa gangguan kesehatan yang bisa menghambat segala rukun dan wajib haji yang harus dipenuhi. "Saya doakan semoga jamaah haji kita sehat dan selamat semua mulai dari proses keberangkatan sampai pulang kembali ke tanah air. Amiin," doanya.

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag) TU Harmainor, S.Pd.I, MM dalam sambutannya juga menyampaikan kepada jemaah bahwa saat berada di bus nanti, akan ada petugas kesehatan dan petugas satpol PP yang ikut mengawal dan menjaga.

 

 "Nantinya petugas kesehatan akan menyerahkan hasil tes PCR yang sebelumnya telah dilakukan jemaah beserta dengan kartu vaksin meningitis. Tolong dua berkas tersebut jangan dipisah dan dijaga jangan sampai hilang, karena itu nantinya akan langsung dicari sewaktu sampai di tanah haram," wantinya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang melepas secara resmi Jamah Haji Kab. Balangan dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur karena tahun ini ada 82 jamaah dari Kab. Balangan yang bisa berangkat ke tanah suci Makkah tanpa kurang satu orang pun karena semua persyaratan yang telah terpenuhi, termasuk hasil swab PCR yang negatif.

 

"Saya titip kepada para jemaah saat berada di tempat-tempat yang maqbul dan mustajab di tanah suci, mohon doakan agar daerah kita Balangan terhindar dari bencana dan peristiwa yang tidak diinginkan. Dan kami juga mendoakan para jemaah agar selalu dalam keadaan sehat dan lancar ibadahnya," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments