Kasi PHU: Hasil Tes PCR Jamaah Haji Balangan Semuanya Negatif

 



Paringin (Kemenag Balangan) - "Hasil Tes PCR Jamaah Haji Kab. Balangan 1443 H / 2022 M semuanya negatif," begitu disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Balangan saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (10/0622).

 

Hasil tersebut diketahui berdasarkan pemeriksaan swab PCR Jamaah Haji Kab. Balangan dari Rumah Sakit (RS) Ulin Banjarmasin yang disampaikan ke Dinas Kesehatan Kab. Balangan. "Dari 82 sampel spesimen yang diambil, semuanya berhasil negatif dan tidak ada yang positif. Dengan kata lain, seluruh jamaah haji kita bisa berangkat ke tanah suci sesuai dengan skejul yang dijadwalkan, yaitu pada Sabtu ini," tambahnya.

 

Hasil Swab PCR tersebut menurut Fahmi segera disampaikan kepada Jamaah Kab. Balangan dan disambut sukacita oleh para Jemaah yang akhirnya tidak lagi deg degan menunggu hasil PCR yang masih belum pasti.

 

"Namun harus tetap kami ingatkan, meski pandemi sudah melandai, semua tetap harus menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

 

Selanjutnya Fahmi menyampaikan bahwa test PCR sejatinya hanyalah bagian kecil dari rangkaian tes kesehatan karena kondisi cuaca di Arab Saudi yang cukup panas serta perbedaan cuaca ekstrim antara malam dan siang hari di gurun pasir.

 

"Swab negatif bukan berarti jamaah menjadi berlengah diri. Jaga fisik dengan memaksimalkan asupan bagi tubuh, khususnya asupan cairan dan vitamin bagi tubuh agar dapat tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas selama pelaksanaan haji," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments