Kasi Penmad: Lomba Bercerita Bantu Motivasi Minat Baca Anak

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrash (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa keikutsertan siswa dalam lomba bercerita bisa membantu memotivasi minat baca bagi pelajar.

 

"Kita ketahui bersama bahwa minat baca para pelajar Indonesia masih tergolong rendah, keaktifan siswa untuk membaca hanya pada jam belajar di sekolah saja. Salah satu yang menjadi penyebab adalah kurangnya informasi bahwa gemar membaca sangat penting untuk melatih kemampuan dan kepekaan literasi seseorang. Sehingga perlu dibuat media informasi yang kreatif untuk menumbuhkan minat baca para pelajar, salah satunya lomba bercerita," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Jum'at (22/07/22).

 

Rahmadi menjelaskan akan digelar Lomba Bercerita di Balangan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 Tingkat SD/MI sederajat dimana hasil dari bercerita nantinya diharapkan dapat menajdi salah satu media kreatif untuk membangkitkan minat baca di kalangan pelajar.

 

"Materi cerita disediakan sendiri oleh peserta dengan mengambil tema cerita rakyat daerah Balangan. Yang menjadi penilaian meliputi penjiwaan, vokal, serta penguasaan materi yang sesuai dengan tema. Jadi bisa dibilang lomba bercerita juga sangat bermanfaat untuk membangun jiwa kepercayaan diri anak," jelasnya.

 

Rahmadi selanjutnya meminta guru di MI untuk mendorong para siswanya mengikuti Lomba Bercerita yang akan diadakan di PAUD Alam Al Tamar pada Selasa (16/08/22).

 

"Waktu pendaftaran tanggal 18 Juli - 10 Agustus 2022 dan berkas bisa diantar langsung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Balangan maupun dikirim melalui WA panitia. Jangan siakan kesempatan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments