Kasi PHU: Prosesi Penyambutan Jamaah Haji Balangan Digelar di Dua Lokasi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menyatakan bahwa akan ada lokasi penting dalam proses penyambutan jamaah haji Kab. Balangan Tahun 2022 / 1443 H, yaitu Mesjid Al Akbar dan Kantor Kemenag Balangan.

 

"Jamaah kembali ke Balangan pada Senin (25/07/22). Di Al Akbar nanti akan dilangsungkan prosesi penyambutan jamaah yang dihadiri langsung oleh Bupati Balangan, sedangkan di Kantor Kemenag adalah tempat jamaah atau keluarga mengambil koper bagasi dan air zam-zam," ujarnya memberikan arahan pada Rapat Persiapan Penyambutan Jamaah Haji Kab. Balangan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Rabu (20/07/22).

 

Fahmi menjelaskan bahwa koper diperkirakan sampai ke Kantor Kemenag Balangan pada pagi lebih cepat dibanding waktu kedatangan jamaah, dan petugas yang bertugas untuk menurunkan koper diminta untuk melakukan pembagian kerja dengan baik.

 

"Mengingat bobot koper yang mencapai 30 kg, maka nanti akan dibagi petugas dalam tiga kelompok, yaitu yang menurunkan tas dari truk, menerima koper di bawah truk, serta menyusunnya berdasarkan regu dan rombongan," tambahnya.

 

Sedangkan air zam-zam sudah ada di Kemenag Balangan semenjak seminggu yang lalu, ditempatkan di ruang seksi PHU dan pada Senin nanti dikeluarkan untuk disusun di depan kantor.

 

"Jamaah boleh mengambil langsung koper dan air zam-zam, boleh pula diwakilkan keluarga. Syaratnya, nanti di asrama haji jamaah akan diberikan kartu pengambilan Koper Bagasi, air zam-zam, dan tas tenteng di bus. Kartu itu lah yang harus ditunjukkan pada prose pengambilan barang," terangnya.

 

Sementara Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kekompakan petugas dalam proses penyambtan jamaah agar berjalan sebaik mungkin mengingat dalam waktu sebulan usai pemulangan jamaah, Kasi PHU akan memasuki masa pensiun.

 

"Tunjukkan pelayanan prima terbaik agar proses penjemputan jamaah haji berjalan sukses dan menjadi tugas akhir yang berkesan bagi Kasi PHU," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments