Kembali Aktif, Ka.Kankemenag Pinta Kamad Pantau Proses Belajar Mengajar

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepala madrasah (kamad) untuk memantau prosesi belajar mengajar (PBM) di madrasahnya mengingat tahun ajaran baru 2022/2023 baru saja dimulai.

 

"Sekarang madrasah kembali aktif, bisa dibilang sudah 100 persen tatap muka. Senang melihat anak-anak bisa kembali bebas bersekolah dan jalanan kembali diisi dengan lalu lalang siswa pulang pergi sekolah. Namun harus kita ingat, artinya ada yang berubah dibanding pelaksanaan PBM dua tahun belakangan," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (18/07/22).

 

Saribuddin menjelaskan bahwa anak sudah lama tidak belajar dengan cara tradisional tatap muka, dan terbiasa belajar sistem online. Begitu pula guru, yang sebelumnya mengajar melalui zoom atau media online lainnya harus kembali beralih ke sistem tatap muka di ruang kelas.

 

"Mungkin ada anak-anak yang terkejut dengan sistem seperti ini mengingat dua tahun sekolah online bisa dibilang cukup santai. Begitu pula guru. Jadi kamad harus bisa memantau dan mengontrol situasi agar PBM tertap berjalan kondusif," tambahnya.

 

Saribuddin menjelaskan bahwa meskipun sebelumnya PBM tetap berlangsung secara online, namun tetap diakui bahwa materi ajar masih ada yang tertinggal atau dalam bahasa lain, disederhanakan. Semua siswa baik yang pandai maupun tidak pandai dianggap pintar dan naik kelas dan tahu-tahu anak sudah lulus, sehingga kompetensi murid tidak terukur dengam baik.

 

"Semoga tahun ajaran ini bisa menjadi awal yang baik, agar proses belajar mengajar berjalan normal sedia kala sebagaimana masa pra Covid, dan prestasi siswa juga lebih ditingkatkan," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments