Kembali Digelar, Kasi Penmad Pinta Madrasah Siapkan Siswa Ikuti KSM

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I MM meminta kepada para guru di madrasah agar menyiapkan para siswanya yang akan mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 sebaik-baiknya.

 

"Setelah Pendaftaran KSM Satuan Pendidikan ditetapkan di madrasah masing-masing pada tanggal 11-20 Juli 2022, selanjutnya pendaftaran KSM Tingkat Kabupaten dibuka mulai tanggal 13-26 Juli 2022 melalui ksm.kemenag.go.id di rumah peserta atau tempat yang representatif terkait sinyal dan PC yang digunakan," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Kamis (07/07/22).

 

Selanjutnya menurut Rahmadi uji coba tingkat kabupaten akan diadakan pada tanggal 10-11 Agustus 2022 di tempat yang ditentukan komite Kabupaten, hingga kemudian pada tanggal 13-14 Agustus 2022 KSM Tingkat Kabupaten akan dilaksanakan.

 

"Tiga siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi KSM Kabupaten Balangan diumumkan pada tanggal 18 Agustus 2022 dan akan menjadi peserta KSM Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada 10-11 September 2022. Kemudian 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi akan mengikuti KSM Nasional yang akan dilaksanakan pada 10-14 Oktober 2022," paparnya.

 

Terkait tingkat satuan pendidikan yang boleh mengikuti lomba, Rahmadi menyampaikan bahwa kompetensi tidak terbatas hanya kepada madrasah, namun juga sekolah yang berada di bawah naungan dinas pendidikan mulai dari tingkat MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA.

 

"Sementara bidang mata pelajaran yang dilombakan untuk MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi, tingkat MTs/SMP yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi, sedangkan untuk tingkat MA/SMA yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi," jelasnya.

 

Rahmadi selanjutnya menerangkan bahwa pada tahun 2021 kemarin siswa madrasah Kab. Balangan berhasil memperoleh 11 trophy tingkat kabupaten, dan dari 11 orang yang dikirim ke tingkat provinsi tersebut ada satu orang yang berhasil tembus untuk berkompetensi di level nasional.

 

"Silahkan guru dan kepala madrasah mempedomani petunjuk teknis pelaksanaan KSM yang telah dibagikan. Tahun ini kita genjot lagi agar prestasi yang diperoleh lebih meningkat, setidaknya dipertahankan," pungkasnya.

 

Diketahui, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments