Targetkan Manasik Sepanjang Tahun, KBMHU Balangan Teken MoU dengan Kanwil Kemenag Kalsel

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd. selaku Ketua Kelompok Bimbingan Manasik Haji dan Umrah (KBMHU) Yamnu Hijr Ismail Kab. Balangan menandatangani perjanjian kerjasama antara Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Kalimantan Selatan dengan KBMHU tentang pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun, Senin (04/07/22).

 

MoU ditandatangani langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) PHU Kanwil Kemenag Kalsel Drs. H. Rusbandi, MA disaksikan Kepala Kemenag Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I pada acara Sosialisasi Optimalisasi Manasik Haji dan Umrah di Prov. Kalsel Sekaligus Penandatangan Kerjasama Kepala Kanwil Kemenag Kalsel dengan Kelompok Bimbingan Ibadah haji dan Umrah (KBIHU) dan KBMHU di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan.

 

Fahmi dalam paparannya menerangkan bahwa tujuan ditandatanganinya MoU tersebut adalah untuk memastikan jamaah haji Kab. Balangan estimasi keberangkatan tahun 2023 bisa terus melakukan manasik haji sepanjang tahun sempai berangkat, tidak hanya menunggu manasik yang dibiayai pemerintah.

 

"Kalau dilihat di tahun ini saja, manasik dari pemerintah hanya 6 kali. Bila hanya mengandalkan manasik tersebut, ditakutkan jamaah kita terutama yang pengetahuan agamanya masih minim akan kesulitan saat pelaksanaan haji, tidak bisa melaksanakan secara mandiri dan terus bergantung kepada ketua rombongan, itu tidak bagus," ujarnya.

 

Selanjutnya Saribuddin selaku Kepala Kemenag menjelaskan sebagaimana orang-orang tua terdahulu, sebelum berangkat haji biasanya akan membekali diri dengan ilmu manasik selama setahun penuh. Sehingga diupayakan masyarakat bisa mengembalikan pendapat alim ulama terdahulu dengan melaksanakan manasik haji berkesinambungan melalui KBIHU dan KBMHU.

 

"Target pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun adalah kemandirian jamaah. Jangan sampai pergi haji tapi ilmu masih tidak mumpuni. Semoga dilancarkan dalam teknis pelaksanannya nanti," harapnya.

 

Sementara Rusbandi selaku Kabid PHU dalam laporannya menerangkan bahwa salah satu isi dari perjanjian yaitu awal pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun akan dilaksanakan pada Jum'at (12/08/22) usai pelaksanaan shalat Jum'at.

 

"Nanti KBMHU bisa mencarikan tempat yang mampu menampung jamaah, yang mana di Balangan diperkirakan 200 orang, misal di mesjid Al Akbar. Pelaksanaan akan dilaksanakan secara online dan offline. Online berupa pengarahan dari Kepala Kanwil dan ulama besar Kalsel. Usai shalat ashar, dilanjutkan dengan manasik langsung yang di arahkan pembimbing haji bersertifikat," pungkasnya.

 

Acara sosialisasi dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pembimbing manasik, Kepala KUA dan penyuluh agama, KBMHU serta ormas dari PCNU dan Muhammadiyah Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments