Ka.Kankemenag: Pengembangan Kepakaran Guru Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Pendidikan dan pengembangan kepakaran guru adalah elemen penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I saat membuka kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2023 Pokja KKMTs, Pokja MGMP Matematika dan Pokja MGMP Bahasa Inggris se-Kab. Balangan di Aula Kantor Inspektorat Kab. Balangan, Rabu (30/08/23).

 

Saribuddin menerangkan bahwa program PKB ini adalah langkah konkret dalam mendukung pengembangan mutu pendidikan di Kabupaten Balangan. "Dengan meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar, diharapkan pendidikan di daerah ini akan semakin maju dan memberikan manfaat besar bagi perkembangan siswa dan masyarakat secara keseluruhan," ujarnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Saribuddin juga memaparkan materi terkait berbagai kebijakan terkini yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dan bagaimana implementasinya di Kabupaten Balangan.

 

"Kementerian Agama memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan agama, moral, dan karakter siswa. Oleh karena itu, kami terus memperbarui kebijakan dan pedoman agar pendidikan agama di daerah ini semakin berkualitas," katanya.

 

Selain itu, Saribuddin juga membahas konsep moderasi beragama, yang merupakan prinsip penting dalam mewujudkan kerukunan beragama di Indonesia. Beliau menekankan pentingnya guru dalam mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa agar mereka tumbuh menjadi warga negara yang toleran dan menghargai perbedaan.

 

"Moderasi beragama adalah landasan bagi masyarakat yang beragama berbeda-beda untuk hidup bersama dalam harmoni dan saling menghormati," ungkapnya.

 

Terakhir Saribuddin berharap bahwa melalui PKB ini, guru-guru dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar dan memberikan dampak positif pada pembelajaran siswa.

 

"Pendidikan adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik. Mari kita bersama-sama bekerja untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda kita," tutupnya.

 

Acara pembukaan PKB ini dihadiri oleh guru dan Kepala Madrasah tingkat Tsanawiyah, serta guru bidang Matematika dan Bahasa Inggris dari berbagai madrasah di Kabupaten Balangan. Mereka akan mengikuti serangkaian pelatihan dan kegiatan pengembangan profesional selama program ini berlangsung.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments