Pengawas: Kamad Selaku Pemimpin Efektif Harus Memaksimalkan Potensi Madrasah

 


Barabai (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rabiah Hasanah, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa kepala madrasah dapat menjadi pemimpin yang efektif dan mampu memaksimalkan potensi sekolah untuk meraih prestasi yang lebih baik.

 

Pernyataan tersebut dikemukakannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kab. Hulu Sungai Tengah (HST) berlokasi di MTsN 2 HST, Selasa (29/08/23).

 

"Karenanya peningkatan kualitas pendidikan adalah salah satu tujuan utama dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Guru dan kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan ini," ujarnya.

 

Dalam sesi bimtek tersebut, Rabiah memberikan materi yang mendalam tentang Kompetisi Manajerial Kepala Madrasah. Materi ini mencakup berbagai aspek penting dalam manajemen madrasah, termasuk perencanaan kerja madrasah, pengelolaan sumber daya, upaya pengembangan madrasah, dan manajemen sistem administrasi dan informasi madrasah.

 

"Perencanaan yang baik penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Rencana kerja madrasah yang matang akan menjadi panduan bagi kepala madrasah dan staf pendidik dalam mencapai sasaran pembelajaran yang berkualitas," katanya.

 

Selain itu, pengelolaan sumber daya madrasah juga menjadi perhatian dalam materi tersebut. "Kamad harus memiliki wawasan tentang bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan dana, fasilitas, dan sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah," tambahnya.

 

Materi ini juga mencakup usaha pengembangan madrasah dan upaya untuk memperbaiki sistem administrasi dan informasi madrasah. "Saya mendorong kepala madrasah untuk terus berinovasi dalam merancang program pengembangan madrasah yang efektif dan berfokus pada peningkatan mutu pendidikan," himbau Rabiah.

 

Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan merencanakan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan manajerial kepala madrasah di sekolah mereka masing-masing.

 

"Semoga kepala madrasah dan staf pendidik dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa, dan mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang lebih baik," imbuhnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments