Haji Ramah Lansia, Jamaah Usia Senja Balangan Disediakan Bus Khusus

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah haji, khususnya yang lanjut usia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, menyatakan komitmennya bersama tim untuk menerapkan program Haji Ramah Lansia bagi jamaah haji Kabupaten Balangan keberangkatan tahun 1445 H/2024 M.

 

"Program ini dirancang untuk memberikan kenyamanan ekstra dan perhatian khusus kepada jamaah haji lanjut usia yang sering kali menghadapi tantangan lebih besar selama perjalanan ibadah haji," ujarnya saat dimintai keterangan disela-sela acara Pelepasan Jamaah Haji Kab. Balangan 1445 H / 2024 M di halaman mesjid Al Akbar Balangan, Minggu (02/06/2024).

 

Saribuddin menjelaskan bahwa berdasarkan ketentuan dari pemerintah pusat, jamaah lansia memiliki antrian keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan jamaah reguler.

 

"Kami ingin memastikan bahwa para jamaah lansia mendapatkan perlakuan istimewa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, kami bekerja keras untuk menyediakan layanan yang nyaman dan layak bagi mereka," ujarnya.

 

Upaya ini menurut Saribuddin termasuk penyediaan transportasi khusus saat keberangkatan dari Balangan menuju asrama haji, sehingga para jamaah lansia dapat melakukan perjalanan dengan lebih aman dan nyaman.

 

"Kami menyediakan bus khusus bagi jamaah lansia yang akan berangkat dari Balangan menuju asrama haji. Bus ini dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kenyamanan para lansia, termasuk tempat duduk dan ruang yang lebih luas untuk bergerak," jelasnya.

 

Selain itu, dalam prosesi penutupan acara keberangkatan, jamaah lansia tidak diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang biasanya cukup melelahkan.

 

"Kami memberikan pengecualian bagi jamaah lansia untuk langsung menunggu di dalam bus bersama pendamping mereka. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban fisik yang harus mereka tanggung," tambahnya.

 

Sesampainya di asrama haji nantinya, Saribuddin memastikan memastikan ketersediaan fasilitas pendukung bagi jamaah lansia, seperti kursi roda.

 

"Jika ada jamaah lansia yang memerlukan kursi roda, kami sudah menyiapkannya. Kami juga menyediakan petugas yang siap membantu para lansia dalam segala kebutuhan mereka di asrama haji," ungkapnya.

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menekankan bahwa program Haji Ramah Lansia merupakan wujud komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji, khususnya yang membutuhkan perhatian lebih.

 

"Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa semua kebutuhan para lansia terpenuhi. Kami ingin mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan tanpa hambatan," katanya.

 

Dalam data yang tercatat di Kabupaten Balangan, terdapat lima orang jamaah lansia yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini, dengan usia tertua mencapai 89 tahun.

 

"Kami berharap dengan adanya layanan khusus ini, para jamaah lansia dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih mudah dan tanpa rasa khawatir. Kami juga berharap bahwa program ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji," tambahnya.

 

Rahmadi juga menyampaikan pesan penting kepada seluruh jamaah haji Kabupaten Balangan, terutama yang lansia, untuk selalu menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah dengan tenang.

 

"Diharapkan semua jamaah, terutama yang lansia, selalu menjaga kesehatan dan mengikuti petunjuk dari petugas kesehatan selama perjalanan haji. Kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga agar ibadah bisa berjalan dengan lancar," pungkasnya.

 

Dengan perhatian khusus yang diberikan, diharapkan para jamaah lansia dapat menjalankan rukun Islam yang kelima ini dengan lebih tenang dan khusyuk, serta pulang membawa predikat haji mabrur.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments