Demi Tingkatkan Kualitas, LPTQ Kab. Balangan Gelar Training Center Bagi Peserta MTQ

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Untuk meningkatkan kualitas peserta kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kab. Balangan yang akan bertanding di MTQ Nasional ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan menggelar Training Center (TC)  bagi para peserta lomba.

 

TC tersebut digelar di lingkungan kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten balangan dan dipusatkan di Aula Asy-Syura Kantor Kemenag Balangan.

 

Ketua LPTQ Kab.Balangan H. Albani Abbas yang berhadir saat membuka pelatihan menyampaikan bahwa tujuan diadakannya TC adalah agar peserta siap secara mental menghadapi pertandingan dengan mendapatkan bimbingan secara langsung dari para pelatih yang menguasai di bidangnya.

 

"Diharapkan dengan ikut TC, kualitas peserta akan meningkat di semua cabang, baik Tilawah, Tafsir, Fahmil Qur'an, Khattil Qur'an, dan sebagainya," ujarnya pada Kamis (25/3/21).

 

Albani Abbas selanjutnya menyampaikan bahwa jumlah peserta yang akan mengikuti MTQ ke Tanah Bumbu nanti sebanyak 49 orang, kemudian diikuti juga oleh para pimpinan kafilah, pendamping, pelatih, kesektretariatan dan official sehingga total rombongan yang berangkat sejumlah 112 orang.

 

"Peserta Tilawah ada 8 orang, Tartil 2 orang, Qira'at 6 orang, Tafhiz 8 orang, Tafsir 3 orang, Fahmil 6 orang, Syarhil 6 orang, Khat 9 orang, dan peserta makalah 2 orang," jelas Albani kemudian merincikan.

 

Untuk acara MTQ Nasional di Tanah Bumbu yang akan berlangsung mulai tanggal 1 sampai 9 April 2021, Albani mengatakan bahwa rombongan kafilah akan berangkat pada tanggal 1 April setelah sebelumnya diadakan pelepasan rombongan secara langsung oleh Bupati Balangan di Kantor Sekretariat Daerah.

 

"Kita akan berangkat lewat Jalur Pelaihari. Walaupun memakan waktu perjalanan lebih lama, yang penting aman dan tidak merasa was-was saat di jalan," tambahnya.

 

Selanjutnya di hadapan para peserta kafilah Albani menyampaikan amanat Pj. Gubernur Kalsel terkait diwajibkannya setiap peserta mengikuti swab antigen oleh Panitia MTQ Provinsi Kalsel sebelum berangkat ke Tanah Bumbu satu hari sebelumnya.

 

"Nantinya peserta yang berangkat harus melampirkan Surat Keterangan Swab Antigen bahwa yang bersangkutan negatif dari virus Covid-19. Jadi mari kita taati hal yang sudah menjadi keputusan demi menghindari hal yang tidak diinginkan saat pegelaran MTQ nantinya," pungkasnya.

 

Dalam acara tersebut, Sekretaris LPTQ Kab. Balangan Drs. H.M.Fahmi Wahid, M.MPd menyampaikan bahwa meskipun tidak bisa menggelar TC di luar daerah, panitia mendatangkan beberapa pelatih kabupaten yang kemampuannya sudah tidak diragukan di kancah nasional serta internasional.

 

"Mari kita berlatih sungguh-sungguh agar kafilah yang mengikuti MTQ dapat berhasil dengan sebaik-baiknya dan membawa nama harum Kab. Balangan di tingkat provinsi nantinya," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Arya

Related Posts

Post a Comment

0 Comments