Kasi Bimas: Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Tahun Ini Diperbolehkan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Menyambut datangnya Bulan Ramadahan 1442 H, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kementerian Agama (Kemenag) Kab.Balangan Drs. H. Noor Fajeri menyampaikan kabar gembira bahwa tahun ini Menteri Agama (Menag) RI mengeluarkan edaran tentang panduan Ibadah Ramadhan & Idul Fitri 1442 H yang kembali memperbolehkan pelaksanaan salah tarawih di masjid/mushalla secara berjamaah.

 

Berdasarkan Surat Edaran Menag RI No. 03 Tahun 2021, pengurus masjid/musholla dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah seperti salat fardhu lima waktu, salat tarawih dan witir, tadarus Al-Qur'an, dan i'tikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas masjid atau musholla.

 

"Kegiatan buka puasa bersama juga bisa dilaksanakan, dengan harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran maksimal 50% dari kapasitas ruangan dan menghindari ruangan," jelas Wahid saat ditemui di ruangannya pada Rabu (7/4/21).

 

Wahid selanjutnya mengingatkan pelaksanaan ibadah tersebut bisa dilaksanakan dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

 

"Selalu pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Serta bagi yang beribadah ke mesjid, harap bawa sajadah dan mukena masing-masing," tambahnya.

 

Pengurus mesjid juga diminta untuk melakukan disinfektan atau penyemprotan secara teratur di tempat kegiatan ibadah untuk memastikan kebersihan tempat tetap terjaga."Kami mintakan juga bagi pengurus masjid untuk menyediakan tempat cuci tangan serta pengatur jarak aman bagi para jemaah," ujarnya.

 

Selanjutnya Wahid berpesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kemenag Balangan untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemahaman pelaksanaan prokes dimasa bulan Ramadhan nanti agar tidak timbul lagi kluster baru diakibatkan kelalaian dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

 

"Saya harap ASN dapat memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat dalam hal penerapan prokes. Mudah-mudahan kita dapat melaksanakan ibadah Ramadhan dengan baik, lancar, serta sehat wal afiat hingga Idul Fitri tiba," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments