Ka.Kankemenag: Jadikan BerAKHLAK Nilai Dasar ASN Layani Masyarakat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menekankan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemenag untuk memegang nilai dasar BerAKHLAK dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

"Sebelumnya kita ketahui bersama bahwa nilai dasar ASN adalah ANEKA yang merupakan singkatan dari Akuntablitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi. Sekarang nilai ANEKA disempurnakan menjad BerAKHLAK yang kepanjangannya yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif," ujarnya saat diminta keterangan di ruang kerjanya pada Jum'at (14/1/22).

 

Saribuddin menjelaskan Berorientasi Pelayanan maksudnya memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, kemudian melakukan perbaikan tiada henti. Sedangkan Akuntabel yaitu melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, lalu menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

 

"Kompeten panduan perilakunya ialah meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik. Dan panduan perilaku Harmonis adalah menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif," tambahnya.

 

Untuk Loyal, panduan perilakunya meliputi memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

 

Adaptif, panduan perilakunya adalah cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak proaktif.

 

Dan terakhir Kolaboratif, panduan perilakunya ialah memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

 

"ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan BerAKHLAK adalah nilai dasar yang harus kita tanamkan sebagai komitmen dan pondasi untuk melayani serta mengakselerasi transformasi ASN yang bangga melayani bangsa," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments