Ka.Kankemenag Pinta Madrasah Libatkan Puskesmas Terkait Sosialisasi Vaksinasi Anak

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghimbau kepada madrasah untuk berkoordinasi dengan Puskesmas di daerah terkait sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi siswa di lingkungan sekolah.

 

Saat memberikan arahan dalam Rapat Percepatan Vaksinasi Covid-19 bagi anak Usia 6-11 tahun, Saribuddin menyatakan bahwa yang paling mengetahui seluk beluk vaksin adalah tenaga kesehatan, sehingga adalah hal yang lumrah apabila dalam proses pemasyarakatan vaksin maka yang dipanggil sebagai narasumber adalah petugas puskesmas.

 

"Dengan begitu, pertanyaan dari orang tua siswa juga bisa terjawab dengan lugas langsung dari ahlinya," ujarnya dalam rapat terbatas yang digelar di Musholla Al Anshor Kemenag Balangan pada Selasa (25/1/22).

 

Saribuddin memaklumi bahwa tidak semua kepala madrasah memahami secara mendalam tentang vaksin. Karenanya ia menyatakan bahwa tugas kepala madrasah adalah mengajak dan menghimbau, serta menjalin koordinasi dengan pihak terkait baik itu dari puskesmas maupun kepolisian vaksinasi anak bisa berjalan lancar.

 

"Kita punya tugas sesuai peranan masing-masing. Tugas madrasah mempersiapkan siswa yang ingin divaksin, tugas puskesmas menyediakan tenaga medis serta dosis vaksin sedang kepolisian bertugas mengawal jalannya kegiatan," tuturnya dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah tersebut.

 

Dalam proses mendata siswa yang siap divaksin, didapati beberapa madrasah mengalami kesukaran karena ada beberapa orang tua siswa yang tidak bersedia anaknya divaksin. Pada saat seperti ini madrasah bisa menggandeng puskesmas dalam proses sosialisasi agar segala hal yang disangsikan para orang tua bisa dicarikan jawaban oleh ahlinya.

 

"Terakhir terkait jadwal vaksinasi, kami juga meminta madrasah untuk aktif berkomunikasi langsung dengan Puskesmas sehingga bagi madrasah yang para siswanya sudah siap, bisa langsung menghubungi Puskesmas terdekat agar proses vaksinasi bisa cepat terlaksana," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto:Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments